28.1 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Pemerintah Aceh Diminta Carikan Solusi Terkait Konflik Satwa Liar

BANDA ACEH | ACEH INFO – Konflik antara manusia dengan satwa liar di Aceh sudah masuk tahap memprihatinkan. Dalam satu bulan saja, terdapat dua serangan dari satwa liar kepada manusia yang terjadi di Aceh Selatan dan Aceh Tengah.

“Di Aceh Tengah (Bener Meriah-red) bahkan ada yang meninggal dunia karena diserang gajah liar, dan kejadian itu berselang beberapa hari setelah warga diserang harimau di Aceh Selatan,” kata Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Zaenal Abidin, Selasa, 7 Februari 2023.

Baca: Diamuk Gajah, Seorang Warga Bener Meriah Meninggal dan Tiga Luka-luka

Dia meminta Pemerintah Aceh, khususnya Dinas Kehutanan Aceh, dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh untuk mencari solusi soal konflik antara manusia dan satwa liar.

Politisi asal Aceh Barat ini mengungkapkan konflik satwa liar dengan manusia ini terjadi karena lingkungan tempat satwa liar mencari makan sudah terganggu, sehingga satwa-satwa liar ini akan mencari tempat baru untuk mereka tinggal dan cari makan.

“Jadi ketika tempat tinggalnya terganggu, satwa liar ini pasti akan mencari tempat baru dan akhirnya manusia yang menjadi sasaran mereka, dulu tidak pernah kita dengan ada konflik satwa liar dan manusia,” ujar Ketua Fraksi PKS di DPRA itu.

Dinas Kehutanan Aceh juga diminta untuk segera mencarikan solusi terhadap persoalan konflik tersebut. Salah satu caranya adalah dengan memastikan peta wilayah yang rawan terjadinya konflik satwa liar. Selain itu, Dinas Kehutanan Aceh juga diminta untuk memberikan solusi lain agar masyarakat juga bisa mencari rezeki ke hutan.

“Ini yang harus dipikirkan bersama, kalau saya melihat sekarang Aceh sudah rawan konflik satwa liar dan manusia, kalau ini dibiarkan, yang saya takutkan akan ada korban jiwa lagi,” kata Zaenal Abidin.

Selain itu, ia sangat mendukung langkah-langkah cepat yang dilakukan BKSDA Aceh dalam mengurangi terjadinya konflik satwa liar dengan manusia, seperti yang terjadi di Aceh Selatan, dimana pihak BKSDA Aceh sudah berhasil menangkap harimau yang menyerang manusia.

“Kita sangat mendukung kerja-kerja seperti itu, sama-sama harus kita selamatkan, manusia harus kita selamatkan, satwa liar juga demikian, bagaimana caranya, itu yang harus dipikirkan oleh Pemerintah Aceh termasuk DPRA,” pungkasnya.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS