28 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Pemko Langsa dan BSSN Jalin Kerjasama Autentifikasi Tandatangan Digital

DEPOK | ACEH INFO – Pemerintah Kota (Pemko) Langsa dan Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) jalin kerjasama autentifikasi tandatangan digital secara elektronik di Aula Mayjen TNI (Purn.) dr. Roebiono Kertopati – BSSN, Depok, Jawa Barat, Rabu, 8 Februari 2023.

Penandatanganan kerjasama itu langsung dilakukan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Langsa, Said Mahdum Madjid. Selain Pemko Langsa ada 16 kepala daerah melakukan hal yang serupa bersama Kepala Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Jonathan Gerhard Tarigan.

Said Mahdum Madjid usai mendantangani perjanjian kerjasama tersebut menyampaikan, Pemko Langsa beserta segenap jajaran mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Kepala Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) beserta seluruh jajarannya yang telah memfasilitasi Kota Langsa untuk menerbitkan sertifikat elektronik/tandatangan elektronik di lingkup Pemerintah Kota Langsa.

Menurutnya, Pemerintah Kota Langsa melihat bahwa kegiatan ini merupakan terobosan hebat yang diberikan kepada oleh Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Lanjutnya, setelah mengikuti kegiatan ini selama dua hari, diawali dengan finalisasi draft Perjanjian Kerjasama antara pihak Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dengan kami Pemerintah Kota Langsa.

Kemudian, dilanjutkan dengan seremonial penandatanganan perjanjian kerjasama secara langsung pada hari ini, sungguh begitu banyak kesan yang mengena di hati kami.

Menurut Said Mahdum, dibalik dari semua kesan indah yang kami dapatkan selama mengikuti acara, ada hal yang lebih penting lagi dan akan terus berkesan dihati kami yaitu ‘Ilmu Tata Kelola Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik’ yang kami peroleh hari ini.

“Insya Allah akan terus lestari sepanjang masa nantinya. Untuk itu, izinkanlah kami dalam kesempatan yang singkat ini untuk menghaturkan ribuan terimakasih kepada BSrE dan BSSN beserta seluruh jajarannya yang telah dengan penuh ketulusan dan keikhlasan mentransfer ilmu kepada kami semua yang berhadir pada hari ini,” ungkapnyam

“Kami sangat bersyukur dan menyadari bahwa penerapan tandatangan digital ini akan memudahkan autentifikasi administrasi surat menyurat secara elektronik. Sekaligus berdampak positif kepada penghematan APBD kota kami secara efektif dan efisien,” sebutnya.

Selain itu, dari sisi keamanan informasi, ungkapnya, juga menjamin tentang autentifikasi tanda tangan digital secara elektronik, sesuai dengan Perpres No. 95 tahun 2018 tentang SPBE.

“Di Kota Langsa selama ini juga telah dikembangkan Aplikasi Simrs E-RSUD Langsa, Insya Allah program ini akan semakin berkembang seiring dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan BSSN,” ujar Said Mahdum.

Pada kesempatan itu, Pj Wali Kota Langsa berharap BSSN bisa memberikan kontribusi yang lebih besar lagi terhadap sistem keamanan informasi dan peningkatan sumber daya manusia di bidang pesandian dan siber negara, agar Kota Langsa bisa menjadi bagian dari sistem keamanan ruang siber nantinya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kadis Kominfo) Kota Langsa, M Husin, menambahkan, penandatangan perjanjian kerjasama bersama BSSN tersebut sebagai langkah mendukung keamanan transformasi digital 16 pemerintah daerah melalui pemanfaatan sertifikat elekronik BSrE.

Disebutkannya, 16 Pemerintah daerah itu, yakni, Pemkab Kerinci, Pemkab Talaud, Pemko Langsa, Pemko Manado, Pemkab Tidore Kepulauan, Pemkab Gunung Sitoli, Pemkab Aceh Barat, Pemkab Bengkayang, Pemkab Aceh Selatan, Pemkab Musi Rawas Utara, Pemkot Banjarbaru, Pemkot Sibolga, Pemkab Murung Raya, Pemkab Morowali, Pemkab Morowali Utara dan Pemkab Aceh Timur.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS