30.6 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Pemko Langsa Raih Penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM

LANGSA | ACEH INFO – Pemerintah Kota Langsa meraih penghargaan dari Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia RI Wilayah Aceh atas dedikasinya dalam pemenuhan data dukung kriteria kabupaten/kota peduli Hak Asasi Manusia Tahun 2023.

Penghargaan tersebut diterima Pj Walikota Langsa, Said Mahdum Majid melalui Kepala Bagian Hukum Setda Kota Langsa Meka Elizar, pada acara Monitoring dan Evaluasi Aksi HAM Pemerintah Daerah Tahun 2023, di Banda Aceh, Selasa, 22 Agustus 2023.

Disela kegiatan, Meka menuturkan penghargaan tersebut diberikan kepada lima kabupaten/kota yaitu Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Jaya, Kota Langsa, Kabupaten Pidie dan Kabupaten Aceh Tamiang

“Penyampaian data dukung itu disampaikan berdasarkan Permenkum HAM Nomor 22 Tahun 2021 tentang Kriteria Kabupaten/Kota Peduli HAM,” ujarnya.

Dia menjelaskan penghargaan Kemenkumham RI wilayah provinsi Aceh dengan 4 kelompok sasaran yaitu perempuan, anak, penyandang disabilitas dan kelompok masyarakat.

“Semuanya terdiri atas Hak sipil dan politik, diantaranya, hak atas bantuan hukum, hak atas informasi, hak turut serta dalam pemerintahan, hak keberagamaan dan pluralisme, hak atas kependudukan,” sebut Meka

Selanjutnya, kata dia, hak ekonomi, sosial dan budaya terdiri atas hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak atas pekerjaan, hak atas lingkungan yang baik dan sehat serta hak atas perumahan yang layak dan hak perempuan dan anak.

“Kita berharap dengan penyampaian data tersebut, Kota Langsa dapat memperoleh penghargaan sebagai Kota Peduli Hak Asasi Manusia yang akan diumumkan pada Peringatan Hari HAM Se-dunia pada 10 Desember 2023 mendatang,” harapnya.

Meka menambahkan, sebelumnya Kota Langsa telah memperoleh Penghargaan sebagai Kota Peduli Hak Asasi Manusia sebanyak lima kali berturut-turut,” pungkasnya.[]

 

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS