28.1 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Pengurus AMSI Aceh Periode 2023-2027 Resmi Dilantik

BANDA ACEH | ACEH INFO – Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Nasional, Wahyu Dhyatmika resmi melantik pengurus AMSI Aceh Periode 2023-2027 di balai Kota Banda Aceh, Sabtu, 9 Maret 2024.

Asisten II Setdako Banda Aceh, Fadil, mengatakan diera digital seperti saat ini, arus informasi mengalir deras tapi sayangnya tidak seluruhnya layak konsumsi dan menyehatkan.

“Pemko Banda Aceh bersyukur dengan kehadiran AMSI. Apalagi AMSI memiliki kepengurusan hingga di Aceh. Sebab, mengusung visi mendorong pengembangan jurnalisme Siber yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya. Visi AMSI sejalan dengan semangat pembangunan,” ujar Fadil.

Fadil mengharapkan pengurus AMSI Aceh yang baru dilantik dapat bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk membangun jejaring dan memperkuat hubungan antara media siber dengan masyarakat, pemerintah, dan sektor swasta.

“Saya berharap para pengurus akan terus memperjuangkan kebebasan pers dan menjaga integritas dalam menjalankan tugas sebagai pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia,” katanya.

Fadil menambahkan pihaknya mengaku lebih nyaman bersama dengan media terverifikasi Dewan Pers alasannya sederhana, secara administrasi sudah pasti jelas alamat kantornya, membayar pajak, membayar gaji pekerja secara rutin.

“Jika media sehat, ekonomi kota Banda Aceh juga semakin membaik. Para pekerja media juga butuh sejahtera,” ujarnya.

Ketua Umum AMSI Nasional, Wahyu Dhyatmika, menjelaskan peran dan pentingnya kontribusi AMSI di tengah distribusi digital yang dihadapi saat ini.

“Tentunya terlihat jelas tantangan yang dihadapi media,” ucap Wahyu.

Lanjut Wahyu, transformasi ini tentunya memiliki dampak yang luas tidak hanya dalam ranah bisnis, tetapi juga dalam hal demokrasi, informasi, dan budaya digital.

Menurut Ketua Umum AMSI, inovasi teknologi, harus terus mengembangkan dan mengadopsi teknologi baru untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pengalaman pengguna.

“Media harus beradaptasi dengan perubahan, selalu siap untuk beradaptasi dengan perubahan tren dan teknologi yang terjadi di industri media untuk tetap relevan dan bersaing,” ujar Bli Komang panggilan akrab Ketum AMSI Nasional.

Hal terpenting sebuah media, yakni konten berkualitas. Sehingga fokus pada produksi konten yang berkualitas dan relevan untuk menarik pembaca yang lebih besar dan mendukung keberlanjutan perusahaan.

Bukan itu saja, sebuah media juga harus melakukan analisis data. Memanfaatkan analisis data untuk memahami preferensi pembaca dan perilaku pasar, sehingga dapat memberikan konten yang lebih relevan dan meningkatkan strategi pemasaran.

Setelah pelantikan, kegiatan dilanjutkan dengan seminar Nasional yang mengambil tema ‘Transformasi Ekosistem Bisnis Media Siber Dalam Kepemimpinan Baru Indonesia’ dengan empat Narsum yaitu Ketum AMSI Nasional, Wahyu Dhyatmika, Wakil Ketua PWI Aceh, Asnawi Kumar, Ketua AJI Banda Aceh, Juli Amin dan Ketua SMSI Aceh, Aldin NL.

Sementara itu, Ketua SMSI Aceh, Aldin NL dalam paparannya menjelaskan pentingnya membangun kemitraan dengan perusahaan lain, baik dalam industri media maupun di luar industri, untuk saling mendukung dan memperluas jangkauan.

Diversifikasi Sumber Pendapatan: Selain iklan, perusahaan media dapat mencari sumber pendapatan lain seperti sponsorship, subscription model, atau layanan khusus.

Ketua AJI Banda Aceh, Juli Amin mengatakan, ke depan dengan pemimpin baru di Indonesia, fokus utamanya tetap kepada berupaya menjaga kebebasan pers, mendukung kesejahteraan jurnalis, dan melawan kekerasan terhadap jurnalis.

AJI terus berkomitmen untuk menyediakan informasi obyektif dan memperkuat kebebasan pers di Indonesia.

Berikut engurus AMSI Wilayah Aceh yang dilantik yaitu:

• Majelis Etik AMSI Wilayah Aceh
– Uzair (anterokini.com)
– Adi Warsidi (Ahli Pers)
– Dr. Saiful Mahdi (Akademisi)

• Badan Pertimbangan dan Pengawas Organisasi (BPPO) AMSI Wilayah Aceh
– Ketua : Maimun Saleh (masakini.co)
– Anggota : Yusmadi Yusuf (acehsatu.com)
– Anggota : Bahrul Walidin (metroaceh.com)

• Dewan Pimpinan AMSI Wilayah Aceh
Ketua : Aryos Nivada (dialeksis.com)
Sekretaris: Agustiar (layarberita.com)
Bendahara : Muzakir (sinarpost.com)

Bidang-bidang
1. Bidang Organisasi dan Keanggotaan
Ketua : Muhammad Hendra Vramenia (KabarTamiang.com)
Anggota : Masriadi (bakata.net)

  1. Bidang Dana dan Usaha
    Ketua : Sunarno (masakini.co)

  2. Bidang Hukum dan Advokasi
    Ketua : Iqbal Saputra (anterokini.com)
    Anggota : Herry Listyo Wibowo (KabarTamiang.com)

  3. Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan
    Ketua : Ratnalia Indriasari (Dialeksis.com).[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS