30.8 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Pentingnya Media Pembelajaran Pada Anak Usia Dini

Sebelum kita masuk pada pentingnya media pembelajaran pada anak usia dini, mari kita kenali dulu apa itu defenisi media.

Media adalah semua hal yang dapat di gunakan sebagai penyalur pesan dari pengirim ke penerima untuk menerangkan pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian anak sehingga proses belajar terjadi.

Bila dikaitkan dengan pembelajaran anak usia dini, maka media di maksudkan sebagai alat yang menajdi perantara dalam menyampaikan pembelajaran pada anak usia dini. Dalam konteks ini terdapat banyak media yang bisa di gunakan untuk pembelajaran anak usia dini.

Prinsipnya media yang akan digunakan tersebut dapat memberikan rangsangan semangat atau motivasi anak usia dini untuk dapat belajar dengan mudah dan menyenangkan sehingga mereka tidak merasa jenuh atau bosan dalam mengikuti proses pembelajaran.

Adapun macam-macam media pembelajaran anak usia dini dapat di golongkankan menjadi tiga media, yakni audio, media sosial dan media audio visual.

Nah, untuk lebih memahaminya mari kita kupas satu-persatu. Pertama : media audio adalah sebuah media pembelajaran yang mengandung pesan-pesan dalam bentuk auditif (pendengaran) seperti radio dan kaset bisa dengan mendengarkan lagu-lagu atau mumutar sebuah cerita, disini anak dapat menyimak dan meniru cerita atau lagu-lagu yang di putar.

Manfaatnya dapat merangsang perkembangan imajinasi dan perkembangan bahasanya. Untuk itu, agar dapat memanfaatkan media audio dengan baik harus di persiapkan semaksimal seperti besar kecilnya volume suara, serta intonasi suara yang di dengarkan.

Kedua : Media visual. Media visual adalah media yang hanya mengandalkan indra penglihatan. Adapun bentuk media visual adalah media grafis dan media proyeksi. Media grafis adalah media visual yang mengkomunikasikan antar fakta dan data berupa gagasan atau kata-kata verbal seperti poster, kartun, komik, dan lain-lain.

Dibandingkan media audio, media visual lebih baik di gunakan bagi anak usia dini karena anak dapat melihat langsung tentang sesuatu yang dia pelajari misal anak belajar tema binatang di darat jadi bisa langsung di lihat nyata oleh si anak.

Ketiga : Media audio visual. Media audio visual adalah media yang mempunyai unsur-unsur suara dan gambar. Adapun jenis media ini dibedakan menjadi audio visual diam yang menampilkan gambar dan suara dan audio visual gerak yaitu media yang dapat menampilkan suar dan gambar yang bergerak seperti film dan video kaset.

Terdapat beberapa manfaat media pembelajaran pada anak usia dini. Pertama dapat meningkatkan motivasi, kedua memberikan dan meningkatkan variasi belajar anak, ketiga memberikan struktur materi pembelajaran, ke empatmemberikan informasi kepada anak, kelima merangsang anak untuk berpikir dan beranalisis, keenam menciptakan kondisi dan situasi belajar tanpa tekanan.

Media memiliki peran sangat penting sekali bagi anak usia dini karena mereka belum mmapu memahami sesuatu yang bersifat abstrak. Dengan media, maka lebih mudah di cerna oleh anak. Dengan pengunaan media pembelajaran akan lebih menarik dengan melihat warna-warna yang terlihat pada media.

Memperhatikan bentuknya sebagai rasa keingintahuan mereka terhadap materi yang di sajikan. Media pembelajaran memiliki pengaruh yang besar terhadap indera-indera anak dalam memahami materi yang disampaikan.

Hal ini di sebabkan media yang digunakan mampu menguat indera menangkap pesan secara nyata/konkrit sehingga materi yang disampaikan lebih jelas dan detail. Contohnya tema binatang, sub tema hewan peliharaan.

Di sini guru dapat menggunakan media gambar, video atau miniatur hewan peliharaan sehingga anak mampu mengamatinya dan mengeksplorasi media tersebut.

Kehadiran media pembelajaran lebih interaktif, menarik, berwarna dan variatif dapat membuat anak lebih aktif, terlibat, bebas bereksplorasi dan mencoba hal baru dalam kegiatan pembelajarannya melalui bermain.

Karena dengan media akan terjadinya komunikasi dua arah secara aktif sedangkan tanpa media guru cendrung bicara satu arah seperti ceramah saja. Semoga bermanfaat.

Penulis : ERLINA, S.Pd merupakan Guru Taman Kanak-kanak (TK) Multazam, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh
Email : erlina105129@gmail.com

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah