29.2 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Pj Sekda Berpeluang Gantikan Mualem Jadi Ketua Pramuka Aceh

BANDA ACEH | ACEH INFO – Masa kepemimpinan Muzakkir Manaf alias Mualem di Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Aceh akan segera berakhir. Mualem yang sudah dua periode memimpin Pramuka Aceh tidak bisa lagi mencalonkan diri. Tiga nama disebut-sebut berpotensi menggantikannya.

Tokoh Pramuka Aceh Islamuddin M.Pd mengungkapkan Musyawarah daerah (Musda) X Pramuka Aceh akan digelar pada Juli 2024 untuk memilih ketua baru periode 2024-2029.

“Sesuai dengan aturan dalam AD-ART Gerakan Pramuka, Mualem tidak dapat lagi dicalonkan karena telah menyelesaikan masa jabatan selama 2 periode berturut-turut. Ada tiga nama yang berpeluang mengantikannya,” jelasnya.

Islamuddin menambahkan, secara aturan kandidat yang diperbolehkan maju sebagai calon Ketua Kwarda Pramuka merupakan mereka yang aktif di kepengurusan Pramuka selama lima tahun teakhir. Hal tersebut juga dikaitkan dengan jabatan serta pengalaman pramuka masing-masing.

Baca Juga: Bank Aceh Siap Mendukung Program P4GB BNNP Aceh

Diantara nama-nama ada Azwardi, AP, M.Si yang saat ini menjabat sebagai Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Provinsi Aceh. Azwardi dinilai sebagai salah satu sosok yang tepat memimpin Pramuka Aceh. Saat ini ia juga menjabat sebagai sekretaris Majelis Pembimbing Daerah (MABIDA) Pramuka Aceh, Azwardi sebelumnya juga pernah menjadi Ketua Majelis Pembimbing Cabang atau Ka. Mabicab Pramuka Aceh Utara dan pernah pula menjadi Wakil Ketua Kwarcab Kota Sabang.

“Pramuka juga bukan hal asing bagi pria kelahiran Trienggadeng ini, ia pernah menjadi perwakilan Kwarcab Kabupaten Pidie sebagai peserta Jambore Nasional pada tahun 1991 di Cibubur, Jakarta,” tambahnya.

Sementara nama kedua yang digadang berpeluang menjadi Ka.Kwarda Aceh selanjutnya adalah Iskandar Zulkarnaen, Ph.D. Pria yang baru saja dilantik sebagai Kepala BPKS Sabang ini juga berpengalaman sebagai Wakil Ketua Kwarda Aceh selama 2 periode. Selain itu Iskandar juga dikabarkan pernah aktif  sebagai Ketua Gugus Depan Pramuka Universitas Malikussaleh.

Baca Juga: Pj Gubernur Aceh Lantik Azhari Sebagai Pj Wali Kota Subulussalam

Nama selanjutnya yang muncul adalah Syaridin, S.Pd, M.Pd yang saat ini menjabat sebagai Pj. Walikota Langsa dan masih menjabat pula sebagai Kepala BPSDM Provinsi Aceh. Pria yang memulai karirnya sebagai seorang guru ini dinilai pula sebagai sosok yang bisa memimpin Pramuka Aceh kedepan. Disamping ia telah menjabat sebagai Wakil Ketua Kwarda Aceh selama 2 periode, ia juga sebelumnya telah berpengalaman memimpin Pramuka di Kwarcab Kota Banda Aceh.

“Tiga nama yang disebutkan diatas tadi merupakan kandidat kuat yang diharapkan dapat memimpin serta membawa perubahan berarti bagi nggota Pramuka terutama di Provinsi Aceh untuk dapat bersaing ditingkat nasional, serta melaksanakan pendidikan karakter bangsa sesuai dengan  amanat Undang-Undang No.12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka,” pugkasnya.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS