28.1 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

PP TIM Bantu Pulangkan Jenazah Warga Aceh dari Jakarta

JAKARTA|ACEHINFO– Pengurus Pusat Taman Iskandar Muda (PPTIM) membantu pemulangan jenazah warga Aceh, Azhar bin Budiman (64) yang ditemukan meninggal dunia di kamar kosnya di Jalan Yahya Nuih, Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat.

Jenazah Azhar Budiman diterbangkan dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang dengan pesawat Super Air Jet, Minggu (2/4/2023) sore, menuju Bandara Kualanamu, Deliserdang, Sumatera Utara. Dari Kualanamu, jenazah akan dijemput dengan ambulans lalu dibawa ke kampung halamannya di Gampong Teungoh, Kota Langsa, untuk dimakamkan oleh keluarga.

“Alhamudillah kita pengurus PPTIM bahu-membahu mengurus pemulangan jenazah saudara kita ini, paling tidak sedikit bisa mengurangi beban duka dari keluarga alhamrhum,” kata Ketua Umum PPTIM Ir. H. Muslim Armas.

Menurut Muslim Armas, pemulangan jenazah ini salah satu bukti masih tingginya sikap kepedulian masyarakat Aceh terhadap sesama saudara se-daerahnya di perantauan.

Azhar Budiman selama ini diketahui tinggal sendirian di kosannya di Pondok Cina, Beji, Depok. Sehari-hari Azhar bekerja sebagai pedagang.

Jenazah Azhar Budiman ditemukan meninggal di kamar kosnya, pada Kamis 30 Maret 2023. Jenazah ditemukan oleh warga sekitar yang mulanya curiga karena mencium bau busuk. Almarhum diperkirakan sudah meninggal beberapa hari lalu. Hasil visum menyebutkan Azhar Budiman diduga kuat meninggal karena sakit dideritanya.

Jenazah Azhar Budiman sempat disemayamkan di RS Polri di Kramat Jati.

Pada Minggu pagi tadi, adik almahum Azhar Budiman bernama Zulfikar menghubungi Pengurus Pusat Taman Iskandar Muda, induk organisasi paguyuban masyarakat Aceh di Jabodetabek, memberi tahu perihal keberadaan jenazah abang kandungnya di RS Polri.

Zukfikar yang merupakan anggota DPRK Langsa dari Partai Demokrat menyampaikan bahwa keluarga besarnya ingin jenazah Azhar Budiman dipulangkan ke Aceh untuk dimakamkan di kampung halamam.

Ketua Badan Advokasi PPTM, Brigjen TNI Azhar A. Rani dan Sekretaris Koordinator Bidang Sosial PPTIM, Kolonel Khairussalam Zakaria langsung bergerak membantu mengurus segala keperluan pemulangan jenazah Azhar Budiman. Jenazah dibawa ke Bandara Soekarno-Hatta dari RS Polri untuk diterbangkan ke Bandara Kualanamu.

Muslim Armas mengatakan bahwa populasi masyarakat Aceh di Jabodetabek semakin banyak. PPTIM sedang berupaya mewujudkan adanya lahan pemakaman khusus masyarakat Aceh di Jabodetabek, sehingga jika ada warga Aceh yang meninggal di Jabodetabek bisa langsung dimakamkan di pemakaman tersebut, tanpa harus membawa pulang ke Aceh. Kecuali ada permintaan khusus keluarga.

“Kita sedang upayakan Taman Iskandar Muda punya lahan pemakaman sendiri untuk orang Aceh di Jabodetabek, jadi nanti jenazah orang Aceh bisa dimakamkan di situ. Jadi keluarga dari Aceh kalau mau ziarah misalnya bisa langsung ke pemakaman itu,” ujarnya.

Sementara itu Brigjen TNI Azhar A. Rani yang turut membantu pemulangan jenazah Azhar Budiman berharap warga Aceh di perantauan khususnya di Jabodetabek agar bergabung atau mendata diri ke komunitas Aceh yang ada di sekitarnya.

“Warga Aceh harus terdata di komunitas Aceh, sehingga kalau terjadi apa-apa seperti musibah ini (penemuan jenazah Azhar Budiman) bisa langsung diketahui dan kita bisa lebih cepat membantu,” ujar Brigjen Azhar.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS