28 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Ratusan Pelajar SMA di Aceh Besar Ikut Seminar UUPA

ACEH BESAR | ACEH INFO – Ratusan pelajar tingkat SMA/SMK di Aceh Besar mengikuti seminar sosialisasi Undang Undang Pemerintah Aceh (UUPA).

Sememinar yang berlangsung selama satu hari dilaksanakan di salah satu Hotel di Aceh Besar pada Minggu 18 Juni 2023.

Dalam seminar itu menghadirkan empat narasumber yang terlibat dalam proses perdamaian Aceh, diantaranya dari kalangan akademisi, praktisi dan civil society.

Ketua BRA Suhendri, mengatakan, kegiatan ini penting dilaksanakan agar generasi muda Aceh dapat memahami lebih dalam tentang kekhususan Aceh yang diatur dalam UUPA.

“Sosialisasi UUPA ini penting dilaksanakan untuk pemahaman rakyat Aceh secara menyeluruh, sehingga kegiatan ini harus dimulai dari generasi muda tingkat pelajar yang menjadi sasaran awal pada sosialisasi UUPA,” ujarnya.

Kemudian, sosialisasi UUPA ini diharapkan bisa memberikan wawasan bagi generasi muda Aceh, dengan harapan mampu memberikan pengetahuan baru untuk menuju Aceh yang lebih baik lagi kedepan,” kata Hendri.

Anggota Komisi III DPR Aceh, Sulaiman mengatakan, Aceh sudah dapat keistimewaaan sejak tahun 2006 lalu, setelah melalui perjalanan konflik yang berkepanjangan, sehingga keistimewaan dan kekhususan Aceh tak ada di daerah lain di Indonesia.

“Seperti UUPA ini tidak ada di daerah lain, kemanapun kita pergi tidak ada seperti di Aceh, termasuk juga berbeda dengan Papua, kita diberi keistimewaan luar biasa oleh pusat, karena kita Aceh ini pejuang, termasuk berjuang dengan Belanda, sehingga kita harus juga berperang dengan Belanda, karena adanya tsunami luluhlah hati Indonesia dengan GAM akhirnya berdamai, dan lahirlah MoU Helsinky,” kata Sulaiman.

Karenanya, dengan adanya perdamaian, dan lahirlah kesepakatan yang disepakati bersama, dan dituangkan dalam UUPA, tidak ada undang undang seperti ini ditempat lain, sehingga semua rakyat Aceh harus tau perjuangan dan pengorbanan rakyat Aceh terdahulu yang saat ini kita nikmati.

“Kita berharap melalui pelajar ini bisa menjadi corong untuk menyampaikan pengetahuan terkait UUPA ini kepada kawan kawan lain, maka tolong digunakan peluang ini untuk diketahui oleh banyak orang, Aceh kedepan ada ditangan generasi muda, untuk melanjutkan apa yang telah di perjuangkan oleh orang tua kita terdahulu,” tutupnya.

Salah satu narasumber, Taufik Abdullah yang merupakan mantan aktivis 1998 dalam materi kepada pelajar menyebutkan, perdaiaman Aceh terlaksana setelah bencana alam tsunami di Aceh, sehingga berbagai kewenangan lahir untuk memberi ruang pada tiga aspek penting sebagai turunan dari perdamaian Aceh.

“Pada saat proses perdamaian Aceh diberi ruang untuk sejumlah aspek, seperti bidang ekonomi politik dan sosial budaya, ketiganya dirumuskan dalam UUPA,” kata Taufik Abdullah.

Lanjutnya, dari perdamaian ini juga telah melahirkan berbagai lembaga kehususan dan keistimewaan, seperti salah satunya segala kewenangan pusat harus melalui persetujuan DPR Aceh, terbentuknya Lembaga Wali Nanggroe, lahirnya BRA, serta produk hukum UUPA.

Salah satu peserta, Evi Febriana mengatakan, bahwa seminar UUPA ini merupakan pengetahuan baru, sehingga sangat bermanfaat bagi kami pelajar.

“Semoga kedepan tidak ada lagi konflik di Aceh dan perdamaian ini tetap berlanjut hingga selamanya,” pungkas Evi.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS