27 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Rudal “Belati” Hipersonik Rusia Hancurkan Ukraina Barat

MOSKOW | ACEH INFO – Sejumlah wilayah barat Ukraina hancur lebur dihantam rudal hipersonik Rusia, Jumat (18/3) waktu setempat.

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan menghancurkan gudang amunisi militer di wilayah barat Ukraina dengan rudal hipersonik Kinzhal.

Rudal hipersonik itu memiliki kemampuan daya ledak menembus dan menghancurkan target berupa bungker musuh sehingga dijuluki sebagai ‘rudal belati’.

“Pada 18 Maret, sistem rudal penerbangan Kinzhal dengan rudal aeroballistik hipersonik menghancurkan gudang besar rudal dan amunisi penerbangan pasukan Ukraina di desa Delyatin, wilayah Ivano-Frankivsk,” kata kementerian itu seperti dikutip dari CNN, Sabtu (19/3).

Sebelumnya, kementerian itu menyatakan pihaknya telah menggunakan rudal ganas hipersonik dengan daya ledak skala besar yang menghantam Ukraina.

Kremlin mengklaim penggunaan rudal hipersonik bertujuan menghancurkan depot besar bawah tanah yang menjadi gudang rudal dan amunisi pesawat di wilayah Ivano-Frankivsk.

Melansir Reuters, kementerian juga mengklaim pihaknya telah menghancurkan radio militer Ukraina dan pusat pengintaian di dekat kota pelabuhan Odessa menggunakan sistem rudal pantai.

Meski demikian, Reuters belum bisa memverifikasi pernyataan kementerian tersebut. Pasukan rusia telah melakukan invasi ke Ukraina sejak 24 Februari lalu.

Pasukan Kremlin terus menggempur pertahanan Ukraina sementara pasukan Ukraina dari militer hingga milisi membalas dengan memberikan perlawanan sengit.

Sejumlah kota hingga fasilitas publik pun terdampak. Ribuan warga sipil hingga militer pun tewas akibat gempuran tersebut.[]

spot_img
Kontributor :CNN Indonesia

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS