27.2 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Sakit, 3 Calon Jamaah Haji Aceh Timur Batal Berangkat

IDI RAYEUK|ACEHINFO-Tiga jamaah calon haji asal Aceh Timur batal berangkat ke tanah suci Mekah, karena sakit, sementara seorang diantaranya meninggal dunia. 100 orang calon jamaah haji asal Aceh Timur dipastikan akan berangkat tahun ini.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur Muzakir MA mengatakan, Aceh Timur mendapatkan kouta haji sebanyak 238 orang. Ini merupakan jamaah yang tertunda keberangkatannya pada musim haji tahun 2020.

“Kuota yang diberikan tahun 2022 yaitu sebayak 104 jamah haji, tapi hanya 100 jamah haji yang dipastikan berangkat. Sedangkan tiga jamaah haji menunda keberangkatan dan satu orang meninggal dunia,” ujar Muzakir, Senin (16/5).

Muzakir mengatakan jamaah haji yang meninggal dunia bernama Nurdin Bin Ibrahim Husein. Pria kelahiran tahun 1960 silam itu berasal dari Gampong Kuala Peudawa Puntong, Kecamatan Idi Rayeuk.

“Sementara tiga jamaah haji lainnya menunda keberangkatan di musim haji tahun ini dengan alasan sakit dan alasan gagal berangkat suami,” katanya.

Menurut Muzakir, di musim haji kali porsi untuk pendamping jamaah haji ditiadakan. Sehingga salah satu jamaah yang masuk dalam porsi keberangkatan tahun ini menunda keberangkatannya.

“Porsi pendamping tergerus dengan aturan haji tahun ini, sehingga salah seorang jamaah wanita menunda keberangkatan mengingat suaminya tidak bisa mendampinginya ke tanah suci,” sebutnya.

Sakit, 3 Calon Jamaah Haji Aceh Timur Batal Berangkat
Kepala seksi penyelenggaraan haji dan umrah kantor kementerian agama kabupaten aceh timur muzakir, memperlihatkan pasport jamaah calon haji yang akan berangkat tahun ini.

Meskipun memiliki empat porsi kosong akibat gagal berangkat tahun ini, Muzakir memastikan pihaknya tidak dapat mengganti porsi tersebut dengan jamaah lain asal Aceh Timur.

“Porsi yang jamaah haji gagal berangkat dengan alasan apapun tetap dikembalikan ke porsi nasional,” katanya.

Selain mendapatkan 104 porsi jamaah haji tahun ini, lanjut H Muzakir, Kabupaten Aceh Timur juga mendapatkan 32 porsi cadangan. Meskipun berada di posisi cadangan, namun 32 jamaah haji tersebut diwajibkan melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah.

“Muda-mudahan perjalanan haji tahun ini lancar, bahkan seluruh paspor jamaah haji akan segera kita antar ke Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Aceh di Banda Aceh, untuk pengurusan visa dan administrasi lain,” sebutnya. []

LAPORAN: ZAKARIA | ACEH TIMUR

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS