28.1 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Satu Dekade, Suara.com dan IMS Luncurkan Local Media Community

JAKARTA | ACEH INFO – Satu dekade Suara.com, portal berita ini meluncurkan Local Media Community (LMC), sebuah wadah bagi berbagai program dan kegiatan yang ditujukan untuk kemajuan media lokal dan berskala kecil di seluruh Indonesia.

Peluncuran dilakukan oleh CEO PT Arkadia Digital Media Tbk Suwarjono dan Program Manager IMS Indonesia, Eva Danayanti pada Rabu, 13 Maret 2024 di Jakarta.

Salah satu program utama LMC adalah event tahunan Local Media Summit (LMS), yang sejauh ini sudah digelar dua kali (2022 dan 2023) dan mendapat sambutan sangat positif, serta siap kembali digelar tahun ini.

Selain Local Media Summit, program utama LMC lainnya adalah Startup for Media Startup (SMS) yang merupakan program berkelanjutan bagi media lokal dan skala kecil di Indonesia melalui beragam aktivitas termasuk workshop, coaching, mentoring, pembagian modul-modul panduan dan sebagainya.

Selain itu juga ada Women Media Startup yang adalah program spesifik bagi media lokal atau berskala kecil yang berfokus pada dunia perempuan atau mengedepankan pengelola perempuan.

Bahkan, da juga program Media Innovation Grant (Dana Hibah Inovasi Media). Khusus program pendanaan ini, saat ini kebetulan sedang ada proses yang berjalan untuk dana hibah yang disponsori European Union (EU) atau Uni Eropa, yang tepatnya sedang memasuki fase penerimaan proposal dari sejumlah media yang pada 7-8 Maret 2024 lalu baru saja mengikuti kegiatan Advanced Training on the Media Business Viability di Yogyakarta.

Secara keseluruhan di lingkup Local Media Community, saat ini tercatat sudah terdata lebih dari 200 media lokal dan skala kecil yang telah terlibat dalam berbagai program. Diwakili oleh para pengelola media masing-masing, mereka terutama berasal dari dua kali kegiatan Local Media Summit yang telah berlangsung, dari event Jatim Media Summit 2023, serta dari berbagai workshop dan training yang sudah berjalan.

Adapun peluncuran kali ini, selain memperkenalkan secara lebih luas keberadaan komunitasnya atau Local Media Community dan program-programnya itu sendiri, terutama juga mengenalkan kehadiran website LocalMediaCommunity.com sebagai pusat informasi sekaligus interaksi dari berbagai program dan aktivitas tersebut.

Situs yang tampil dwi-bahasa (versi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) ini menyediakan fitur Registrasi dan Login bagi anggotanya yaitu para pengelola media lokal dan skala kecil se-Indonesia.

“Ini adalah salah satu tools yang kita gunakan untuk membangun jaringan dengan media-media lokal di Indonesia, yang sebetulnya kami buat konsepnya adalah komunitas. Kenapa komunitas? Ini adalah forum yang sangat cair yang bisa digunakan oleh media-media lokal untuk meng-update berbagai isu yang menjadi tantangan media lokal saat ini,ā€¯ungkap Suwarjono, Pemimpin Redaksi Suara.com, dalam salah satu penjelasannya.

Suwarjono menjelaskan, website LocalMediaCommunity.com selain berisi penjelasan berbagai program dan aktivitasnya, memang juga memiliki beberapa bagian berisi informasi (News) seperti terkait isu media, juga info peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan oleh media-media lokal.

Selain itu, ada pula bagian Story yang memuat update yang dibagikan oleh para pengelola media lokal anggota komunitas ini.

Perihal berbagi update informasi maupun pengalaman melalui wadah ini, menjadi satu hal yang juga di garis bawahi oleh Eva Danayanti, Program Manager IMS di Indonesia.

“Ada semacam pembelajaran bersama dari berbagai pengalaman. Karena kita tahu, teman-teman (tentu) punya pengalaman masing-masing yang cukup menarik, dan jika saling berbagi tentu akan saling membantu,” ungkap Eva.

Sehubungan dengan peluncuran kali ini, fitur Registrasi dan Login bagi para anggota Local Media Community pun resmi dibuka serta telah bisa diakses di website LocalMediaCommunity.com. Lantas, siapa saja yang bisa mendaftar? Sebagaimana dijelaskan di bagian FAQ-nya, pada dasarnya semua media lokal, khususnya media berskala kecil di Indonesia, bisa bergabung dalam wadah komunitas ini.

Seperti dituliskan pada FAQ pula, secara lebih spesifik, salah satu syarat utamanya adalah bahwa organisasi yang dibawa merupakan media yang eksis dan rutin melakukan publikasi, dikelola secara serius (sebagai media), serta memang berkeinginan untuk maju.

Lalu, sebagaimana telah disebutkan pula, yang penting bersedia saling berbagi pengalaman dan pengetahuan untuk saling membantu, agar bisa berkembang bersama-sama demi kemajuan media lokal di Indonesia.[]

Editor: Izal Syafrizal

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS