26.1 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Sejarah Rumoh Geudong Jangan Dikaitkan dengan Trauma Masa Lalu

BANDA ACEH | ACEH INFO – Terkait pernyataan Penjabat Bupati Pidie, Aceh, Wahyudi Adisiswanto, yang mengatakan bahwa perobohan sisa bangunan Rumoh Geudong di Gampong Bili Aron, Kecamatan Glumpang Tiga, Kabupaten Pidie, untuk menghilangkan dendam agar generasi muda di wilayah itu tidak larut dalam kesedihan atas peristiwa masa lalu, mendapat kritikan.

Salah seorang Psikolog senior Aceh, Nurjannah Al Sharafi, menyampaikan, dibeberapa Negara Eropa ada “Torture Museum” keberadaannya sama sekali bukan sebagai pemicu trauma.

Namun hal tersebut sebagai realitas masa lalu yang dapat dijadikan pembelajaran untuk masa kini dan masa depan.

“Memori masa lalu dalam sebuah ingatan jangan hanya dikaitkan dengan trauma masa lalu yang mengerikan saja,” tegas Nurjannah, melalui keterangan tertulisnya yang diterima acehinfo.id, Sabtu, 24 Juni 2023.

Akan tetapi, menjadi simbol yang semakin lembut yang dihadirkan dalam bentuk foto dan dalam museum justru akan membimbing masyarakat untuk belajar tentang tanggung jawab, kemanusiaan dan hal positif lain agar tak terjebak sikon seperti itu.

Jika pun kondisi trauma langsung dialami dan punya narasi individu tentang hal tersebut, dengan penanganan pascatrauma yang baik maka kita akan pulih kembali (dapat dilakukan reprocessing terhadap trauma dengan beberapa terapi psikologis).

Museum semacam ini mendidik pengunjungnya meningkatkan kesadaran akan hak asasi manusia, memanusiakan manusia, berdamai dengan masa lalu dan sebagainya.

“Jika masih ada trauma akibat peristiwa-peristiwa masa lalu tersebut, lebih kepada penanganan terhadap trauma tersebut yang masih perlu dioptimalkan,” pungkasnya.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS