24 C
Aceh

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Sekdako Sabang Harap Santri Ikut Jaga Kemaslahatan Umat

SABANG | ACEH INFO – Sekretaris Daerah Kota Sabang, Drs. Zakaria MM menekankan pentingnya peran santri ikut berperan dalam kemaslahatan umat, dengan berdaya menjaga martabat kemanusiaan.

“Sebagai insan yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai agama, santri selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan,” kata Sekdako Sabang, Drs. Zakaria MM.

Menurutnya, santri senantiasa berprinsip bahwa menjaga martabat kemanusiaan adalah esensi ajaran agama. Apalagi di tengah kehidupan sekarang ini yang sangat majemuk. Bagi santri, menjaga martabat kemanusiaan juga berarti menjaga Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kota Sabang ketika bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022, yang digelar Kantor Kementerian Agama Kota Sabang, bertempat di Halaman Kantor Kemenag Sabang, Senin (24/10).

Pada kesempatan ini, Sekdako Sabang turut menyampaikan amanat Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, untuk memaknai Hari Santri Nasional 2022, yang mengangkat tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan” sebagai upaya mengajak santri Indonesia ikut menjaga martabat kemanusiaan.

“Menjaga martabat kemanusiaan atau hifdzunnafs adalah salah satu tujuan diturunkannya  agama di muka bumi (Maqashid Al-Syariah). Tidak ada satu pun agama yang menyuruh pemeluknya untuk melakukan tindakan yang merusak harkat dan martabat manusia,” jelasnya.

Sekdako Sabang menjelaskan dalam sejarahnya, menjaga martabat kemanusiaan ini juga telah dilakukan para santri sejak masa sebelum kemerdekaan, dengan memberikan andil dalam memperjuangkan kemerdekaan.

“Untuk itu, melalui momen Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2022 ini, mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama” tutupnya.[]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah