27 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Selesai Karantina, Nelayan Remaja Asal Idi Dipulangkan ke Aceh

JAKARTA | ACEH INFO-Dua nelayan Aceh, asal Kabupaten Aceh Timur yang selama ini ditahan oleh otoritas Pemerintah Thailand, dibebaskan. Mereka yang masih di bawah umur dipulangkan ke Aceh, setelah menjalani karantina di Jakarta, pada Sabtu, 28 Mei 2022.

“Setelah tiba di Jakarta dua hari lalu, dua nelayan dibawah umur asal Aceh Timur dipulangkan ke Aceh,” kata Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA), Almuniza Kamal, pada Sabtu, 28 Mei 2022.

Kedua nelayan tersebut yakni masing-masing berusia 17 tahun dan 13 tahun. Mereka dua anak buah kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Sinar Makmur 05 dan KM Bahagia 05 yang ditangkap oleh otoritas kelautan Pemerintah Thailand bersama 17 nelayan lainnya di wilayah perairan Negeri Gajah Putih tersebut, pada 28 Januari 2022 lalu.

Beberapa bulan setelah ditahan, Pengadilan Negeri Phuket melakukan persidangan atas kasus kedua anak tersebut, pada 3 Mei 2022. Setelah melakukan pertimbangan, pengadilan menilai keduanya tidak pernah melanggar hukum di Thailand.

“Karena keduanya menunjukkan kelakuan yang baik selama ini, serta memiliki masa depan yang panjang. Pengadilan hanya menjatuhkan putusan denda masing-masing 50 ribu Baht Thailand dengan menunggu masa percobaan satu tahun,” jelas Almuniza.

Ia menambahkan, selama satu tahun masa percobaan ini, jika keduanya kembali melakukan pelanggaran, dengan kasusnya akan diperiksa kembali sesuai hukum Thailand.

“Mudah-mudahan mereka tidak akan mengulanginya lagi. Sehingga tidak akan ada lagi pelanggaran hukum yang dilakukan,” imbuhnya.

Almuniza mengatakan, kedua nelayan dipulangkan dari Jakarta melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta dan akan tiba di Bandara Internasinal Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar. Sebelum pulang, keduanya pun telah dipastikan tidak terjangkit Covid-19.

“Akan dijemput oleh pihak Dinas Sosial Aceh, yang kemudian akan diantar ke kampung halamannya,” katanya.[]

PEWARTA: MUHAMMAD

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS