30.6 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Senator Aceh Fadhil Rahmi Silaturahmi dengan Seniman Seumapa Aceh

BANDA ACEH | ACEHINFO- Anggota DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc MAg, atau akrab disapa Syech Fadhil, menggelar silaturahmi dengan para seniman Seumapa Aceh di salah satu Warkop di bundaran Lambaro, Rabu malam 30 Agustus 2023.

Hadir di antara para seniman Seumapa ini diantaranya Armia atau akrab disapa Aduen Sibreh serta Medya Hus serta belasan seniman muda lainnya.

Seumapa sendiri adalah acara berbalas pantun antara pihak linto (pengantin laki- laki-red) dengan pihak dara baro (pengantin Perempuan-red) pada waktu menyambut kedatangan pihak linto—masing-masing dilakukan oleh orang yang ahli dalam adat.

“Seumapa ini kian mendapat tempat di Aceh Besar, terutama di Kecamatan Simpang Tiga Aceh Besar,” ujar Aduen Sibreh.

Atas dasar hal tersebut, kata Aduen Sibreh, dirinya mengumpulkan seniman-seniman muda guna menggalakkan kembali seni tradisi Seumapa.

“Alhamdulillah mendapat respon positif,” ujarnya.

Sementara itu, seniman senior Aceh, Medya Hus, menambahkan Aceh perlu menguatkan seni budaya dalam setiap sendi sendi pembangunan. Pasalnya, kata Medya Hus, seni budaya-lah yang bisa membuat daerah ini berbeda dengan daerah lainnya.

Seni budaya di Aceh sendiri, kata Medya, beragam dan setiap daerah memiliki seni budaya yang berbeda-beda.

“Namun yang terjadi selama ini, pembangunan di Aceh, sering kali tak mengikut-sertakan kearifan lokal. Coba lihat bangunan di Aceh? Jarang ada yang mewakili ciri khas daerah. Tugu Lambaro misalnya, seperti suasana di Sumatera Barat,” ujar dia.

Medya Hus berharap pemimpin Aceh kedepan bisa lebih jeli dalam kearifan lokal tersebut. Dia berharap pembangunan Aceh kedepan lebih memperhatikan kearifan lokal sehingga akal budaya dan identitas Aceh tetap terjaga.

Terkait hal ini, Syech Fadhil sendiri mengaku senang bisa bersilaturahmi dengan para seniman Aceh.

“Harapan ini kita jaga bersama-sama. Saya sangat mendukung agar seni Seumapa kembali digalakkan di Aceh,” kata dia.

Pertemuan ini sendiri berlangsung dari pukul 21.30 hingga 23.15 WIB. Silaturahmi berakhir dengan foto bersama. []

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS