27.2 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Seratusan Manusia Perahu Kembali Terdampar ke Bireuen, Apa Misi Rohingya ke Aceh 

BIREUEN I ACEH INFO – Mendaratnya ratusan manusia perahu di Kabupaten Bireuen, Aceh, merupakan yang kedua kali.

Sebelumnya dua tahun lalu, ratusan muslim Rohingya juga pernah mendarat di Laut Kuala Raja Kecamatan Kuala Bireuen.

Namun saat ditempatkan di lokasi pengungsian Komplek SKB Cot Gapu Bireuen, satu persatu pengungsi Rohingya kabur dari tempat pengungsian.

Kali ini manusia perahu itu kembali melabuhkan jangkarnya di Laut Jangka, tepatnya di Desa Alue Buya Pasie, Kecamatan Jangka, Bireuen, Minggu (6/3/2022).

Apakah misi dan tujuan etnis Rohingya ke tanah Serambi Mekkah ini. Apakah ada dalang dibalik mendaratnya perahu pengangkut manusia itu ke Aceh.

Hal itu juga menjadi pertanyaan dari masyarakat Aceh maupun beberapa pejabat penting di tanah air. Pasalnya, kelompok etnis Rohingya ini tidak pernah sepi untuk ke Aceh. 

Namun disaat mereka ditampung di kamp pengungsian, satu persatu kabur dan menghilang. Bahkan diduga ada pihak-pihak tertentu yang menampung mereka. Kali ini apakah manusia perahu itu kembali kabur setelah ditampung di lokasi pengungsian.

Diketahui, sebanyak 114 pengungsi Muslim Rohingya, kembali terdampar di Laut Jangka, Bireuen, Aceh, Minggu (6/3/2022).

Seluruh pengungsi Rohingya kini telah dievakuasi oleh aparat TNI-Polri ke Meunasah Gampong Alue Buya Pasi, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen.

Mereka terdiri dari laki-laki dan perempuan serta anak-anak. Seluruh pengungsi Rohingya masuk ke perairan Bireuen dan diketahui oleh warga telah mendarat di pinggir pantai Dusun Pawang Derih, Gampong Alue Buya Pasi, Kecamatan Jangka, pukul 03.00 WIB, jarak 500 meter dari pemukiman penduduk.

Camat Jangka Alfian, SSos bersama Danramil Jangka Kapten Syawaluddin langsung turun ke lokasi. 

Mereka mengatakan, untuk sementara ini warga Rohingya telah dievakuasi ke Meunasah Alue Buya Pasie.

“Mereka terdiri dari 58 orang laki-laki dewasa, 21 perempuan dewasa, anak-anak 35 orang terdiri dari laki-laki 11 orang dan perempuan 24 orang di bawah 15 tahun,” sebut Camat.

Untuk penanganan sementara dari Pemkab Bireuen melalui Dinas Sosial telah bantu bantuan masa panik untuk konsumsi bagi pengungsi Rohingya, selain itu juga bantuan dari masyarakat membuka dapur umum di meunasah.

Keuchik Alue Buya Pasie, Muslem A Majid menambahkan, Rohingnya tiba di Jangka ditemukan oleh warga yang sedang cari kepiting di kawasan kuala dekat pantai.

Secara tiba-tiba melihat ada satu unit kapal yang mendarat dan ramai orang yang menuju ke darat. Mendapat informasi itu, lalu keuchik dan warga mengecek ke lokasi dan menemukan 114 orang Rohingnya sudah duduk berkumpul dipinggir pantai.

Selanjutnya dilaporkan ke Muspika Jangka para pengungsi Rohingya untuk sementara ini telah di meunasah Alue Buya Pasie, guna penanganan sementara.

“Saat kami menemukan mereka sudah turun dari boatnya dan duduk ditepi pantai ditempat sepi 500 meter ke barat pusat Gampong Alue Buya Pasi,” terang Muslim A Majid. 

PENULIS : FERIZAL HASAN 

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS