31.3 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Siap Ikut Ritual Bareng Jokowi, Nova Tiba di Kaltim

BALIKPAPAN| ACEH INFO-Gubernur Aceh Nova Iriansyah tiba di Kalimantan Timur untuk mengikuti sejumlah rangkaian kegiatan termasuk Ritual Kendi Nusantara, di lokasi Ibu Kota Negara Baru, Penajam Paser Utara.

Ikut ke ke acara itu Dyah Erti Idwati, istri Gubernur dan Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh, Almuniza Kamal. Nova dan rombongan tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (13/3) siang.

“Sejumlah Gubernur hadir dalam jadwal kunker presiden ini. Dari data awal, kunker ini akan dihadiri oleh seluruh Gubernur se-Indonesia,” kata Almuniza, dalam siaran pers yang diterima AcehInfo.

Nova bersama para gubernur lainnya akan ikut bertemu dengan sejumlah tokoh adat di Kalimantan Timur. “Selain itu, akan ada juga doa bersama demi kelancaran pemindahan IKN dari Jakarta ke Sepaku, Kaltim,” ujar Almuniza.

Doa yang dimaksud Almuniza itu adalah Ritual Kendi Nusantara. Setiap kepala daerah dari 34 provinsi di tanah air diminta untuk membawa secangkul tanah dan sekendi air dari daerahnya masing-masing.

Dari Aceh, ‘tanoh cak’ khusus yang dipersiapkan untuk ritual tersebut diambil dari Museum Aceh. Sementara ‘air suci’ yang dibawa dari Aceh diambil dari Masjid Raya Baiturrahman.

Sumber AcehInfo menyebut, prosesi pengambilan tanah dan air yang dibawa Nova itu telah berlangsung secara simbolis pada Jumat kemarin, yang pengambilannya dipimpin langsung oleh Assiten Administrasi Umum Sekda Aceh, Dr. Iskandar AP.

Folosofinya disebut tanah di Museum Aceh adalah tanah peninggalan kerajaan Aceh Darusalam yang pernah jaya raya di masa pemerintahan Iskandar Muda, pada medio 1607-1636 Masehi.

Sementara Air diambil dari kulah Masjid Raya Baiturrahman, masjid yang sempat dibakar dan dibangun kembali oleh Belanda, yang menjadi simbol agama, budaya, dan perjuangan masyarakat Aceh.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS