30.3 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Soal Dugaan Pelanggaran Kode Etik, Pernyataan Ketua KIP Langsa tidak Sesuai Fakta

LANGSA | ACEH INFO – Ketua LSM Barisan Muda, Tarmizi menilai bahwa pernyataan Ketua KIP Kota Langsa, T Faisal terkait pergantian Ketua PPK Langsa Timur, Azhar HS tidak sesuai fakta.

Dimana, pada Kamis, 23 Maret 2023, T Faisal kepada media acehinfo.id, menyatakan bahwa pergantian Ketua PPK Langsa Timur, Azhar HS, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Langsa tidak ada ikut campur

Namun, faktanya dalam Berita Acara Rapat Pleno Tentang Penggantian Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Langsa Timur, Nomor: 4/PK.01.BA/1174.01/2023, menyebutkan pleno dilaksanakan pada Jumat, 10 Februari 2023, di Kantor KIP Kota Langsa.

“Jika melihat isi berita acara tersebut berarti KIP Kota Langsa memfasilitasi rapat pleno itu karena kenapa tidak di Sekretariat PPK Langsa Timur. Apakah ini artinya bukan ikut campur dan diduga ada kepentingan pihak-pihak tertentu dalam pergantian Ketua PPK Langsa Timur,” tegas Tarmizi, kepada acehinfo.id, Sabtu, 25 Maret 2023.

Baca juga : Diduga Langgar Kode Etik, Ketua KIP Kota Langsa Dilaporkan ke DKPP

Kemudian, sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umim (PKPU) Nomor : 8 Tahun 2022, Tentang Pembentukan dan Tata Kerja Badan Adhoc Penyelenggara Pemilhan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Pasal 12, menyebutkan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 11 ayat (1) dinyatakan sah jika dihadiri oleh paling sedikit 2/3 (dua pertiga) dari jumlah anggota PPK yang dibuktikan dengan daftar hadir.

Menurut Tarmizi, jika merujuk pada peraturan tersebut maka rapat pleno itu harus dihadiri lebih dari tiga orang. Tetapi, rapat pleno itu hanya dihadiri oleh tiga orang dan ini dibuktikan hanya tiga orang yang menandatangani berita acara tersebut.

“Sehingga, hal ini terkesan pergantian Ketua PPK Langsa Timur, Azhar HS terlalu dipaksakan untuk memenuhi hasrat politik kelompok tertentu. LSM Barisan Muda akan kawal kasus ini sampai selesai dan siap membomgkar siapapun yang terlibat,” pungkas Tarmizi.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS