27.2 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Soal Pencopotan Hakim Aswanto, Nasir Djamil Minta MK Bentuk Dewan Etik

JAKARTA | ACEH INFO – Terkait dugaan Mahkamah Konstitusi (MK) mengubah substansi putusan soal pencopotan Hakim Aswanto, mendapat sorotan dari anggota Komisi III DPR RI Nasir Djamil.

Nasir Djamil menilai perubahan redaksi dalam putusan MK tersebut sangat membahayakan masa depan dan integritas di tubuh MK dan berpotensi menjadikan MK sebagai “alat” segelintir kelompok dalam memenuhi ambisi politiknya.

“Nasir Djamil juga mendorong agar MK membentuk dewan etik untuk menelusuri perubahan redaksi sebagaimana yang terdapat dalam salinan putusan terkaitan pergantian Hakim MK Aswanto di tengah jalan,” sebut Nasir Djamil melalui keterangan tertulisnya, yang diterima acehinfo.id, Sabtu, 28 Januari 2023.

Politisi PKS itu menduga perubahan redaksi meskipun terdiri hanya dua suku kata, tetapi berimplikasi terhadap duduk perkara yang dimohonkan oleh pemohon.

“Saya menduga ada kesengajaan terhadap perubahan itu redaksi dalam salinan putusan itu. Tidak seperti biasanya, MK selalu cermat dan prudent dalam menyalin putusan hukumnya,” ujar Nasir

Pembentukan Dewan Etik dalam pandangannya merupakan langkah awal untuk menjawab keragu-raguan publik soal adanya “pat gulipat” perubahan redaksi dalam salinan tersebut. Pembentukan dewan itu diharapkan dapat menjaga kewibawaan MK dan hakimnya yang berpredikat negarawan.

“Lembaga yang diisi oleh negarawan itu ibarat lembaga yang diisi oleh manusia setengah dewa. Karena itu tidak boleh dianggap remeh soal yang kini telah menjadi perhatian publik. Semoga DPR dan Presiden mendorong upaya pembentukan dewan etik tersebut,” pungkas Nasir Djamil. []

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS