28.7 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Stok Darah Aceh Utara Kritis, PMI Ketuk Hati Masyarakat Untuk Donor Darah

LHOKSUKON | ACEH INFO – Stok darah di UTD PMI Aceh Utara dalam kondisi kritis, malah ada golongan darah yang kosong sama sekali. Hal ini sebagaimana diungkapkan Humas UTD PMI Aceh Utara Fauzi Abubakar kepada acehinfo.id pada Kamis, 12 Mei 2022.

Sebagaimana terpantau di laman https://utd-pmiacehutara.id/ pada Kamis, 12 Mei 2022 sekitar pukul 21.00 WIB, golongan darah A+ tersedia sebanyak 7 kantong dan B+ sebanyak 4 kantong darah. Sementara golongan darah AB dan O kosong sama sekali.

Fauzi Abubakar mengatakan, sejak lebaran Idulfitri, stok darah di UTD PMI Aceh Utara mulai kritis.

“Mulai tanggal 2 Mei sampai dengan hari ini stok darah kita malah banyak yang kosong malahan,” ujarnya.

PMI berharap masyarakat mau mendonorkan darahnya ke UTD PMI Aceh Utara, karena belakangan kebutuhan transfusi darah meningkat.

“Kita juga berharap keluarga pasien mau mendonorkan darah untuk keluarganya, hal ini sangat penting di tengah kondisi stok darah yang kosong,” pintanya.

Baca: Kisruh Pengiriman Darah Keluar Aceh

Berdasarkan pantauan acehinfo.id dari sejumlah grup WhatsApp donor darah, permintaan darah akhir-akhir ini meningkat. Seperti di Grup “SODARA O” ada 13 permintaan golongan darah sejak 9 Mei 2022.

Hal senada juga terlihat di grup “Forum KSR PMI 04 Unimal” dan grup “Donor Darah Suka Rela”. Kebutuhan darah umumnya untuk transfusi bagi yang menjalani pengobatan dan untuk operasi.

Seperti diungkap Faisal (40) warga Aceh Utara yang berusaha mencari informasi pendonor golongan darah A+.

“Butuh dua kantong A+ untuk ponakan saya yang dirawat di RSUD Cut Meutia, dia sakit Thalassemia,” ujarnya.[]

EDITOR: BOY NASHRUDDIN AGUS

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS