28.3 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Syech Fadhil: Aceh Adalah Pemodal Utama Republik Ini Berdiri

JAKARTA | ACEHINFO– Anggota DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc MA, mengatakan Aceh memiliki peran penting dalam kemerdekaan Indonesia.

Pendahulu di Aceh, kata dia, mengorbankan nyawa, pikiran, harta dan tenaga agar republik ini berdiri.

“Bisa dikatakan, kita (Aceh-red) adalah pemodal utama negara ini. Dalam perang melawan penjajah, orang Aceh berada di garis terdepan. Tidak ada keraguaan. Baik perang di Aceh maupun di Sumatera Utara. Sumbangan dua pesawat dari Aceh juga merupakan modal paling penting bagi Indonesia di awal-awal kemerdekaan,” kata pria yang akrab disapa Syech Fadhil kepada wartawan di Jakarta, Rabu 16 Agustus 2023.

“Saat semua daerah ditaklukan Belanda, radio Rimba Raya dari Aceh berkoar-koar bahwa Indonesia masih ada. Bireuen pernah menjadi pusat pemerintahan Indonesia.”

“Demikian juga dengan tokoh tokoh pemikiran seperti Teuku Muhammad Hasan, Daud Beureueh dan beberapa tokoh lainnya. Mereka adalah para arsitek negeri ini,” ujar Syech Fadhil lagi.

Maka kata dia, terlepas kemudian ada konflik panjang di Aceh dan perlakuaan pusat yang semena-mena terhadap Aceh, generasi muda Aceh harusnya mampu bertidak sebagai keturunan dari para pemodal utama republic ini.

“Konflik sudah berakhir. Kita tutup buku. Maka sebagai generasi yang mewarisi darah para pemodal negeri ini, mari kita kobarkan semangat  juang yang tinggi untuk mengisi setiap lini sektor kehidupan. Bukan di Aceh tapi juga ibukota negara.”

“Jangan minder karena kita orang Aceh. Toh, negeri ini ada, ada peran besar nenek moyang kita di sana,” ujar senator yang memiliki khas peci alam peudeung ini lagi.

“Jangan sedikit-sedikit menyerah dengan keadaan. Kedepan, harus ada menteri,   dan posisi-posisi penting lainnya dari Aceh.”

“Kita pemodal, jadi wajar menuntut banyak dari republik ini,” ujar Syech Fadhil.

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS