28.9 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

Syech Fadhil: Aceh Itu Lebih Nasionalis dari Daerah Lain di Indonesia

LANGSA | ACEHINFO – Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc MA, mengatakan bahwa Aceh yang sering dianggap daerah konflik sebenarnya merupakan daerah yang paling nasionalis di Indonesia. Bahkan, Aceh dianggap lebih nasionalis dibanding daerah lainnya di Indonesia.

Hal ini disampaikan pria yang akrab disapa Syech Fadhil ini seusai menghadiri kuliah umum yang diadakan Prodi Hukum Tatanegara Fakultas Syariah IAIN Langsa, Jumat 16 Juni 2023.

“Aceh itu lebih nasionalis dari daerah lain di Indonesia,” ujar Syech Fadhil.

Aceh, kata Syech Fadhil, merupakan daerah modal berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Tanpa Aceh, mungkin tak ada Indonesia,” katanya.

“Aceh itu penyumbang pesawat pertama, mayoritas pasukan yang berperang di Medan Area juga dari Aceh. Radio Rimba Raya juga di Aceh.”

“Dua kali konflik panjang usai kemerdekaan juga berakhir dengan perjanjian damai. Daerah mana yang begitu percaya dengan pemerintah pusat sehingga ada dua kali perjanjian damai jika bukan karena adanya rasa nasionalis.”

“Maka kalau ada yang meragukan nasionalistik Aceh itu adalah salah. Maka mengajarkan 4 pilar di Aceh dan bicara soal kebangsaan adalah hal yg hanya mengulang-ulang apa yg sudah diakui. Dua kali aceh menrima damai, bukti kongkret aceh adalah daerah nasionalis,” ujar senator yang dikenal dekat dengan ulama kharismatik di Aceh ini.

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI