30.3 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Syech Fadhil Ajak Mahasiswa Melek Politik

BANDA ACEH | ACEH INFO – Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc MA, mengajak para mahasiswa untuk melek politik serta tidak anti terhadap politik. Pasalnya, ia menyakini bahwa baik buruknya politik, tergantung pada siapa yang mengemban amanah rakyat tersebut.

“Kalau orang-orang yg melek dan peduli dan paham politik sedari awal, maka politik akan diwarnai oleh orang-orang yang tahu apa yg harus dia lakukan ketika dia terjun dan aktif. Paham dengan problematika sosial masyarakat dan sudah terbayang dengan tawaran-tawaran solusi. Paham dan mengerti dengan tupoksi sebagai politikus,” kata pria yang akrab disapa Syech Fadhil ini saat hadir sebagai pemateri di diskusi bulanan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry di Gedung Teater Fakultas setempat, Selasa 7 Maret 2023.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry, Dr Kamaruzzaman, MSh serta para pimpinan fakultas setempat.

“Mahasiswa harus melek politik serta tidak anti terhadap politik. Mahasiswa lebih kritis dalam memilih calon pemimpin di pemilu 2024 mendatang, karena mahasiswa sendiri juga akan menjadi calon para pemimpin nantinya,” kata senator muda ini.

Menurutnya, peran mahasiswa sebagai agen perubahan sangat penting di tengah-tengah masyarakat. Mahasiswa menjadi pusat informasi bagi masyarakat dalam mengedukasi politik yang cerdas bagi masyarakat dan juga dalam menentukan sikap politik

“Kalau mahasiswa alergi politik maka tujuan tadi tidak akan tercapai. Padahal, sosok yang bisa membawa perubahan di tengah-tengah masyarakat, unsur utamanya kaum terdidik seperti mahasiswa,” kata sahabat Ustadz Abdul Somad (UAS) ini lagi.

“Mahasiswa memang belum terjun ke politik prakktis, tapi mahasiswa harus peduli politik dan paham akan politik yang mengatur hajat hidup masyarakat,” ujarnya.

Menurut Syech Fadhil, para politisi itu harus memiliki tiga hal agar mampu tampil terdepan dalam ajang politik. Pertama, adalah cerdas pengetahuan. Kedua cerdas sosial hingga memiliki investasi sosial di tengah-tengah masyarakat, dan ketiga adalah cerdas spiritual.

“Ini modal utama dalam politik. Maka saran saya, tingkatkan ketiga hal ini untuk siap terjun ke tengah-tengah masyarakat,” kata mantan Ketua IKAT (Ikatan Alumni Timur Tengah) Aceh ini lagi.

EDITOR: M. AGAM KHALILULLAH

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS