27.1 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Syech Fadhil Ajak Semua Elemen ‘Ramadhan-kan’ Bulan di Luar Ramadhan

BANDA ACEH I ACEH INFO – Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc MA, mengajak semua elemen di Aceh untuk ‘meramadhankan’ bulan-bulan lain di luar Ramadhan dengan kegiatan-kegiatan yang islami.

Hal ini disampaikan pria yang akrab disapa Syech Fadhil pada penutupan kegiatan Daurah Quraniyah yang diadakan oleh SMA I Kutabaro, Aceh Besar, Minggu 24 April 2022.

Kegiatan Daurah Alquran di SMA Negeri 1 Kuta Baro merupakan rangkaian kegiatan Pendalaman Dinul Islam dan mendapat dukungan penuh dari Pengurus Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT).

Kegiatan Daurah Alquran ini terselenggara berkat bantuan donatur anggota DPD RI Tgk H Fadhil Rahmi Lc MA dan anggota DPRK Aceh Besar Tgk H Azwar Muhammad Lc MA.

“Salah satunya seperti tahsin Alquran dan tadarus. Ini kegiatan yang positif yang semestinya terus berlangsung di bulan-bulan lainnya. Istilahnya, kita ‘Ramadhan-kan’ bulan bulan lain di luar Ramadhan,” kata Syech Fadhil.

Tahsin adalah kata dari bahasa Arab yang berarti memperbaiki, meningkatkan, atau memperkaya.

Sedangkan makna tahsin Alquran adalah kegiatan memperbaiki atau memperindah bacaan Alquran dengan tujuan agar bacaan kita sesuai dengan bacaan Rasulullah Saw. Sedangkan tadarus adalah momen yang tepat untuk menjaga hafalan Alquran.

Dengan membawa tradisi yang baik di bulan Ramadhan untuk dilakukan pada bulan bulan lainnya, maka syiar Islam akan lebih bergema. Kemudian prilaku dan pola hidup masyarakat di Aceh juga lebih baik serta sesuai dengan tuntutan agama.

“Saya mengajak sekolah-sekolah di Aceh untuk mempraktekan hal ini. Mari kita Ramadhan-kan bulan bulan lain di luar Ramadhan. Biasakan tadarus dan mengkhatamkan Alquran di siswa dan santri di luar Ramadan tetap berlanjut,” ujar mantan ketua IKAT Aceh ini lagi.

Sebelumnya, Syech Fadhil juga mengatakan dirinya akan menurunkan tim tahsin ke sekolah sekolah di Aceh jika dibutuhkan. Kegiatan ini dalam rangka memperbaiki bacaan Alquran pada siswa di Aceh.

Editor : Ferizal Hasan 

 

 

 

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS