26.7 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

Syech Fadhil dan Kakanwil Kemenag Launching Gampong Moderasi Beragama di Peunaron

PEUNARON | ACEHINFO – Anggota DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc MA menghadiri acara lauching Gampong Moderasi Beragama di Peunaron, Senin 24 Juli 2023.

Gampong yang terpilih sebagai desa moderasi beragama adalah Desa Bukit Tiga, Kecamatan Peunaron.

Launching dilakukan secara simbolis oleh Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Azhari. Turut hadir juga Pj Bupati Aceh Timur, Mahyuddin serta kepala kantor Kemenag Aceh Timur, H. Salamina, S.Ag.

Kakanwil Kemenag Aceh, Azhari, dalam sambutannya, mengatakan bahwa terpilihnya Bukit Tiga sebagai Gampong Moderasi Beragama di Aceh Timur, karena desa ini dihuni oleh keberagama etnis dan budaya.

“Mudah mudahan keberagaman ini perlu dijaga dan dilestarikan selalu. Kerukunan ini perlu dirawat dengan baik,” kata Azhari yang juga merupakan putra asli kelahiran Aceh Timur.

Moderasi yang dimaksud, kata Azhari, bukanlah agama yang dimoderasikan.

“Agama sudah kaffah. Yang perlu dimoderasikan adalah cara berpikir kita. Sehingga keberagaman ini tetap terjaga dan terawat dengan baik. Kita hanya perlu lurus,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Syech Fadhil yang beristri orang Peunaron, di sela sela acara, mengaku tersanjung dengan terpilihnya Bukit Tiga sebagai salah satu kampung moderasi beragama di Aceh. Ini membuktikan bahwa keberagaman di Peunaron selama ini terawat dengan baik.

“Mudah mudahan hal positif ini terus dijaga dengan baik,” katanya.

Launching kampung moderasi beragama di Bukit Tiga juga turut dihadiri para kepala madrasah se-Aceh Timur. Selain itu juga kepala KUA se-Aceh Timur. Hadir para tokoh masyarakat dan desa se-Peunaron.

Acara juga ditutup dengan santunan anak yatim. Kemudian dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pembangunan pesantren Darussalam di desa setempat.

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI