27.4 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Syech Fadhil Minta Mak-mak Jaga Kelestarian Kuliner Warisan Indatu

BIREUEN | ACEHINFO – Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc MA, meminta ibu-ibu untuk melestarikan kuliner indatu yang menjadi ciri khas Aceh selama ini.

Hal ini disampaikan Syech Fadhil dalam sambutannya pada pembukaan Festival Asam Kareng, di Geudong Teungoh, Bireuen, Minggu pagi 15 Oktober 2023.

Festival Asam Kareng sendiri diikuti oleh puluhan kelompok emak-emak dari berbagai daerah, termasuk dari Lhokseumawe. Kegiatan yang berhadiah puluhan juta ini turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRK Bireuen, Suhaimi Hamid atau akrab disapa Abu Suhai.

Festival Asam Kareng diadakan dalam rangka HUT ke 24 Bireuen.

“Ini memang kuliner warisan indatu yang mesti dilestarikan,” ujar sahabat Ustadz Abdul Somad di Aceh ini.

Menghadiri dan mencicipi Asam Kareng bikinan emak-emak tersebut, kata Syech Fadhil, membuatnya terasa bernostalgia ke masa kecil.

“Kami dulu, ketika lapar, ini yang dibuat oleh almarhum ibu saya. Cita rasanya khas dan terasa mengulang masa lalu yang tidak mungkin kembali,” ujar Syech Fadhil.

Saat ini, katanya, kuliner khas Aceh banyak yang hilang. Sejumlah toko kuliner di Aceh sendiri kini diserbu dengan makanan luar seperti ayam penyet.

“Maka saya minta ini kembali dilestarikan. Terimakasih kepada ibu-ibu yang menjaga agar kuliner asam kareng ini tetap terjaga,” ujarnya.

Abu Suhai sendiri mendampingi Syech Fadhil untuk melihat olahan asam kareng dengan bahan yang berbeda-beda.

Selain menghadiri Festival Asam Kareng, Syech Fadhil dan rombongan juga menghadiri kegiatan maulid di sejumlah tempat di Bireuen. Termasuk bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat di kabupaten tersebut.

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS