28.1 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Tak Ditanggung BPJS Kesehatan, RSUD Langsa Gratiskan Biaya Pengobatan Korban Perampokan

LANGSA | ACEH INFO – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) mengambil kebijakan untuk menggratiskan seluruh biaya pengobatan korban perampokan, Nilawati (23), warga Komplek Griya Islamic Center, Blok A, Dusun Al-Ikhsan, Desa Paya Bujok Beuramo, Kecamatan Langsa Barat.

RSUD Langsa siap membantu bila ada pasien yang memang terkendala terhadap pembiayaan atas dasar kemanusiaan.

“Kalau memang harus kita gratiskan karena ketidakmampuan pasien dan keluarga ya kita harus dan wajib membantu,” sebut Plt Direktur RSUD Langsa, dr Helmiza Fahry, kepada acehinfo.id, Jumat, 7 April 2023.

Helmiza menegaskan, untuk kasus ini insyaAllah akan kita bantu semaksimal mungkin. Dari awal sudah ada komunikasi dari piket jaga struktural untuk kita gratiskan.

Menurutnya, salah satu fungsi rumah sakit adalah kemanusiaan. Jadi, meskipun BPJS Kesehatan tidak menanggung biaya pengobatan sesuai dengan Perpres 82 tahun 2018 pasal 52 ayat (1) huruf r yang menyebutkan pelayanan kesehatan akibat tindak pidana penganiayaan, kekerasan seksual, korban terorisme, dan tindak pidana perdagangan orang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan. Tetapi, rumah sakit tidak akan mengutip biaya apapun dari korban.

“RSUD Langsa milik kita bersama. Karenanya, kami siap membantu semaksimal mungkin,” ujarnya lagi.

Selain itu, kata Hemiza, bagi masyarakat jika berobat ke RSUD Langsa terkendala soal surat menyurat ataupun admnisitrasi lainnya, managemen telah mengintruksikan kepada petugas bahwa harus mengutamakan pelayanan.

“Pelayanan harus diutamakan dan administrasi belakangan. Jangan gara-gara urusan administrasi masyarakat tidak bisa berobat,” pungkasnya.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS