26.1 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Tak Hadiri Uji Baca Al Quran, 138 Bacaleg Langsa Dinyatakan Gugur

LANGSA | ACEH INFO – Sebanyak 329 Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) DPRK Langsa telah mengikuti uji membaca ayat suci Al Quran yang dilaksanakan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat.

Sementara yang tidak hadir mengikuti uji baca Al Quran sebanyak 138 dan satu orang beragama nasrani, sehingga total keseluruhan Bacaleg sebanyak 468 orang.

“Bagi 138 Bacaleg yang tidak mengikuti uji mampu baca Al Quran maka dinyatakan gugur,” sebut Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KIP Kota Langsa, Samsul Bahri, kepada acehinfo.id, Selasa, 12 Juni 2023.

Ia menjelaskan, bagi para Bacaleg yang dinyatakan lulus tes, maka kami dari KIP Langsa akan mengeluarkan surat keterangan mampu Blbaca Al-Qur’an dan selanjutnya akan memasuki tahapan perbaikan dokumentasi.

Dirinya menegaskan, bagi para calon-calon yang tidak hadir dalam tes baca Al-Qur’an hingga waktu yang ditentukan, maka mereka akan dianggap tidak memenuhi syarat sehingga dipastikan gugur di masa verifikasi dan administrasi yang sedang berlangsung saat ini.

Namun bagi para calon yang dianggap gugur nantinya dapat digantikan dengan Bacaleg yang lain dari Parpol masing-masing di pengajuan calon pengganti pada masa perbaikan yang akan berlangsung pada tanggal 26 Juni sampai 9 Juli 2023 ini.

Kata Samsul, ada satu Bacaleg wanita yang dilakukan tes baca Al-Qur’an melalui panggilan video, lantaran calon tersebut baru saja selesai melahirkan dan masih dalam keadaan nifas.

“Calon wanita tersebut juga yang dia baca bukan Al-Qur’an, namun doa-doa yang persis dengan ayat-ayat Al-Qur’an,” pungkasnya.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS