27.1 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Taqwallah: Imunisasi Anak Aceh Menurun Drastis

BANDA ACEH|ACEHINFO-Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Taqwallah, menyebut selama tiga tahun terakhir persentase imunisasi anak di Aceh menurun drastis. Karenanya jumlah anak Aceh yang mengalami penyakit menular seperti campak, rubella dan hepatitis juga ikut meningkat.

“Banyak anak meninggal akibat berbagai penyakit yang seharusnya bisa dicegah dengan adanya imunisasi, kita harus menyukseskan imunisasi anak sebagaimana suksesnya vaksin Covid-19,” kata Taqwallah,di RSUDZA Banda Aceh, Jumat, (27/5).

Taqwa menyebut Aceh menempati posisi ketiga paling rendah secara nasional. Taqwallah mengajak semua aparatur Pemerintah Aceh untuk menyukseskan imunisasi anak di Aceh. Ia mengajak mereka yang memiliki anak untuk melakukan imunisasi sesuai tahapan waktunya ke fasilitas layanan kesehatan terdekat.

Taqwallah menyayangkan banyak warga yang menolak anaknya divaksin. umumnya kata Taqwa, mereka terpengaruh dengan kabar sumir mengenai dampak buruk imunisasi. Hal tersebut berdampak pada menurunnya presentase anak yang diimunisasi.

Lebih lanjut, Taqwallah mengajak semua pihak untuk menyukseskan program pemerintah berupa Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) dengan datang membawa anak berusia 9 bulan sampai 15 tahun ke fasilitas kesehatan terdekat.

Nantinya anak akan diberikan imunisasi untuk mencegah penyakit campak-rubella, Polio, difteri, pertusis, tetanus dan hepatitis.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr. Hanif mengatakan, BIAN perlu dilaksanakan untuk mengeliminasi penyakit menular pada anak di tahun 2023. Ia mengatakan, cakupan imunisasi rutin di Aceh mengalami penurunan hingga menyebabkan meningkatnya kasus.

“Masyarakat dapat mengakses imunisasi anak ke fasilitas kesehatan terdekat seperti puskesmas, rumah sakit pemerintah, rumah sakit swasta, klinik, praktik bidan dan pos pelayanan di sekolah dan dayah,” sebut Hanif.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS