26.5 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

Terkait Bakteri pada Daging KFC Lhokseumawe, Ini Penjelasan Kadis DKPP 

* Bakteri Hanya Pada Daging yang Belum di Goreng

LHOKSEUMAWE I ACEH INFO – Dinas Kelautan Perikanan Pertanian dan Pangan (DKPP) Kota Lhokseumawe kembali memberi penjelasan lebih rinci tentang daging ayam KFC Lhokseumawe.

Terkait temuan bakteri tersebut Kadis DKPP Lhokseumawe menjelaskan bakteri hanya pada daging mentah yang belum di goreng.

Hal itu dijelaskan oleh Kepala DKPP Kota Lhokseumawe, Mehrabsyah saat ditemui Acehinfo.id, di Pendopo Walikota Lhokseumawe, Jumat 13 Mei 2022.

“Bakteri-bateri tersebut terdapat pada daging mentah dan akan mati setelah daging itu di goreng,” terang Mehrab.

Menurut Mehrab, daging KFC yang sudah digoreng aman untuk dimakan karena bakteri E,coli, Salmonella , serta staphylococcus itu akan mati.

Mehrab melanjutkan, sampel daging tersebut diambil dari KFC Lhokseumawe dan dibawa ke Balai Vertiner Medan untuk untuk di uji.

“Balai Vertiner Medan hanya berwenang melakukan pengecekan daging mentah saja, untuk daging yang sudah digoreng itu wewenangnya BPOM,” ujar Mehrab.

Katanya, pengambilan sampel daging KFC Lhokseumawe dilakukan pada 12 sampai 15 April 2022 lalu dan hasilnya keluar 26 April 2022.

“Pengambilan sampel itu dari 12 April sampai 15, dan hasilnya keluar pada 26 April kemudian surat kami terima pada 9 Mei 2022,” katanya.

Selain itu Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Lhokseumawe, Afriza menambahkan, bakteri tersebut berasal dari air.

“Bakteri tersebut berasal dari air makanya kami sarankan agar memperbaiki sanitasi dan hegenitas KFC Lhokseumawe,” kata Afriza.

Afriza melanjutkan, yang tidak layak dikonsumsi tersebut daging mentah. Sedangkan  ayam KFC yang sudah digoreng aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

“Yang dimaksud dalam surat tersebut tidak layak itu dagingnya karena terdapat bakteri, tapi bakteri itu akan mati setelah daging tersebut digoreng jadi, jika sudah di goreng maka itu bisa dimakan,” ungkap Afriza.

Sementara itu semenjak beredar surat DKPP tersebut KFC Lhokseumawe sepi dari pengunjung.

Pantauan Acehinfo.id sejak Jumat pagi KFC Lhokseumawe terlihat sepi dari pengunjung.

Sampai berita ini diterbitkan pihak KFC Lhokseumawe belum memberi pernyataan terkait permasalahan tersebut. 

Pewarta : Maulidi Alfata 

 

Kontributor :Maulidi Alfata

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

MINGGU INI