28.3 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Terpilih Secara Aklamasi, Fachrul Razi Kembali Jabat Ketua Komite I DPD RI

JAKARTA | ACEH INFO – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) asal Aceh Fachrul Razi kembali terpilih menjadi Ketua Komite I DPD RI untuk masa sidang periode 2023-2024.

Ia terpilih secara aklamasi dalam rapat pemilihan ketua yang dipimpin Wakil Ketua III DPD RI Sultan Bachtiar Najamuddin, di Ruang Rapat Padjajaran Lantai 2, Gedung B, DPD RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 21 Agustus 2023.

Dalam rapat yang digelar secara fisik dihadiri oleh seluruh anggota Komite I DPD RI, dari Sabang sampai Merauke.

Dalam Rapat tersebut memutuskan secara aklamasi melalui mekanisme musyawarah dan mufakat Ketua Komite I Fachrul Razi (Provinsi Aceh), Wakil Ketua Komite I terpilih Sylviana Murni (DKI Jakarta), Wakil Ketua II Filep Wamafma (Papua) serta Wakil Ketua III Dr. H Pangeran Syarif Abdurrahman Bahasyim ( Kalimantan Selatan).

Sebagaimana diketahui sebelumnya Ketua Komite I Fachrul Razi sempat berhenti setahun dari ketua komite I dikarenakan dirinya fokus untuk menjalankan ibadah haji serta menyelesaikan beberapa kegiatan di daerahnya.

Kemudian, atas permintaan dari semua anggota untuk kembali memimpin komite I DPD RI dan akhirnya terpilih Ketua Komite I, Fachrul Razi periode 2023-2024.

“Alhamdulillah, ini sebagai amanah besar bagi saya kembali memimpin Komite I DPD RI untuk untuk keempat kalinya,” ujar Fachrul yang juga alumni Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Dirinya berkomitmen melanjutkan masukan-masukan daerah, khususnya terkait anggaran desa, otonomi khusus, sengketa di daerah, hukum, dan pertanahan disisa masa jabatan sebelum ke depan memasuki tahun politik tahun 2024.

Lanjut Fachrul Razi mengatakan, banyak agenda-agenda yang mendesak dan strategis harus segera diselesaikan di komite I karena menjelang tahun 2024 isu kedaerahan akan menjadi isu yang sangat penting diperjuangkan DPD RI. Sebagai Ketua Komite I dirinya akan berkomitmen untuk kembali memperjuangkan aspirasi komite I untuk diperjuangkan di DPD RI.

Dalam waktu dekat Fachrul Razi juga akan mengundang beberapa Menteri terkait dengan komite I antara lain Mendagri untuk bisa membahas persoalan-persoalan daerah yang menjadi isu dan agenda DPD RI.

Sementara itu, terkait dengan isu Aceh, Fachrul Razi menegaskan bahwa Komite I DPD RI telah memperjuangkan agenda revisi UU Nomor: 11 tahun 2006 untuk bisa segera dibahas.

“Sebagai Ketua Komite I dirinya memastikan bahwa UU Pemerintah Aceh yang akan direvisi di parlemen agar sesuai dengan MOU Helsinky,” pungkasnya.[]

Editor: Izal Syafrizal

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS