28.1 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Terus Berbenah, RSUD Langsa Buka Poliklinik Urologi dan Hadirkan Dokter Spesialis Baru

LANGSA | ACEH INFO – Rumah sakit memiliki peranan penting dalam menyediakan pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Dimana kenyamanan, faslitas yang lengkap dan tenaga kesehatan yang memprioritaskan kesembuhan pasien, menjadi alasan utama sebuah rumah sakit bisa menjadi tujuan utama ketika memutuskan ingin berobat.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Langsa sejak meraih akreditasi paripurna bintang lima beberapa bulan lalu kini terus berbenah tingkatkan pelayanan kesehatan.

Humas RSUD Langsa, Arwinsyah SKM, menyampaikan saat ini rumah sakit yang menjadi kebanggaan warga Kota Langsa ini memiliki pelayanan unggulan seperti pelayanan traumatologi, kebidanan, ana dan penyakit dalam yang berpegang teguh pada motto “Senyum, Efisien, Ramah, Aman, Mudah, Bermutu, Islami atau SERAMBI”.

Kemudian, kini di RSUD Langsa juga telah buka poliklinik Urologi yang hanya ada di Langsa, sedangkan untuk Kabupaten Aceh Timur dan Kabupaten Aceh Tamiang belum memilikinya.

Urologi adalah pengobatan penyakit pada sistem saluran kemih baik pada pria, wanita hingga anak-anak. Klinik spesialis Urologi tersebut dihadirkan untuk melengkapi pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Spesialis Urologi ini memberikan khusus pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang mengalami penyakit pada sistem saluran kemih yang ditangani oleh Dokter Spesialis Urologi, dr Ahlan Syahreza, SpU,” kata Arwinsyah, kepada acehinfo.id, Selasa, 14 Mei 2024.

Selain itu, kata Arwinsyah, ada tujuh bidang penanganan di Klinik Spesialis Urologi tersebut. Pertama, penanganan batu saluran kemih, meliputi Open Surgery, Ureterorenoskopi (URS), Litotripsi batu kandung kemih dan PCNL (Percutaneus Nephrolitotomy).

Kedua, penanganan gangguan prostat, meliputi biopsi prostat, TURP (Transurethra Resection of Prostat). Ketiga, penanganan gangguan kelainan, meliputi congenital (bawaan) pada anak, kelainan ginjal congenital, Hipospadia, Undesendent Testis (UDT), buried penis, mengompol pada anak.

Lalu keempat, rekonstruksi urologi, yaitu penyempitan saluran kemih. Kelima, masalah kesuburan pria dan gangguan seksual, meliputi varikokel, disfungsi ereksi, ejakulasi dini.

Keenam, penanganan keganasan pada saluran kemih, meliputi Transurethra Resection of Bladder Tumor (TUR BT), tumor testis, dan tumor ginjal serta ketujuh, penanganan gangguan berkemih pada wanita, di antaranya caranculae urethra, fistula vesicovagina, dan ureterovagina.

Lanjut Arwinsyah, untuk melengkapi dan penunjang pelayanan medis, rumah sakit milik pemerintah ini telah menghadirkan berbagai dokter spesialis baru yang ikut bergabung seperti Dokter Anestesi, Mata, Orthopedi, Urologi dan THT.

RSUD Langsa juga berhasil mendorong dan memberikan kesempatan bagi dokter umum untuk sekolah spesialis diantaranya spesialis penyakit dalam, spesialis mata, spesialis anak, spesialis bedah plastik, spesialis THT, spesialis paru, spesialis Neurologi, spesialis Radiologi dan Sup spesialis jantung.

“Pelayanan medis hal utama yang diterapkan di RSUD Langsa demi memberikan layanan kesehatan bagi masyakarat Langsa dan terus berbenah diri,” pungkas Arwisyah.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS