29.4 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Tingkatkan Kinerja, DJPb Aceh Gelar BLU Gathering

BANDA ACEH | ACEH INFO – Kanwil DJPb Provinsi Aceh melaksanakan Badan Layanan Umum (BLU) Gathering dengan mengusun tema”
Awareness, Sinergy, Improvement”, Selasa, 30 Mei 2023, di Gedung Keuangan Negara Banda Aceh.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kepedulian, sinergi, dan peningkatan layanan publik dibidang pendidikan, kesehatan, dan pengelolaan kawasan di Aceh serta mendorong perubahan positif yang berkelanjutan demi kesejahteraan masyarakat Aceh.

Acara BLU Gathering ini dihadiri oleh para pimpinan dan anggota Dewan Pengawas (Dewas) Badan Layanan Umum (BLU) dari unsur Kementerian Keuangan, serta pemangku kepentingan terkait.

Kepala Kanwil DJPb Aceh, Izharul Haq, mengungkapkan pentingnya pelaksanaan penilaian tingkat maturitas secara mandiri/self-assessment BLU dan laporan pelaksanaan tata kelola serta kinerja BLU sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Ia juga menekankan pentingnya mengirimkan hasil penilaian tingkat maturitas secara mandiri tersebut melalui Aplikasi BIOS pada Menu Maturity Rating secara tepat waktu.

Kegiatan BLU Gathering Semester I 2023 kali ini difokuskan pada penyelesaian masalah teknis operasional dan monitoring proses penilaian tingkat maturitas secara mandiri pada masing-masing BLU, serta memastikan hasil self-assessmentnya telah dikirimkan kepada Kanwil DJPb Aceh sebelum akhir Semester I 2023.

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran I, Rusli Zulfian, menyampaikan tentang konsepsi pola pengelolaan keuangan BLU, evaluasi kinerja BLU melalui Maturity Rating, dan mengungkapkan data kinerja lima Satuan Kerja (Satker) BLU di Provinsi Aceh.

Terungkap bahwa semua Satker Badan Layanan Umum (BLU) dalam wilayah kerja Kanwil DJPb Aceh mengalami peningkatan kinerja yang cukup bagus apabila diukur dari nilai rasio kas, rasio lancar, rasio POBO (perbandingan antara pendapatan PNBP BLU dibagi dengan biaya operasional) dan rasio piutang 2022.

Begitu juga apabila dilihat dari nilai maturity rating yang fokus pada proses dan perkembangan performa satker BLU di Aceh, saat ini sudah menunjukkan perkembangan yang menggembirakan.

Kegiatan ini juga mencakup materi tentang Kerangka Penilaian BLU Maturity Rating, panduan teknis penggunaan aplikasi BLU Integrated Online System (BIOS), sehingga diharapkan semua satker Badan Layanan Umum (BLU) di Aceh dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai pengukuran kinerja dan meningkatkan efisiensi serta kualitas layanan yang diberikan.

Penyelenggaraan kegiatan Gathering Aceh BLU Summit Pimpinan dan Dewas serta Diseminasi BLU Maturity Rating ini merupakan komitmen Kanwil DJPb Aceh dalam membangun sinergi yang kuat untuk meningkatkan kualitas layanan publik di bidang pendidikan, kesehatan, dan pengelolaan kawasan.

Melalui kolaborasi antara Kanwil DJPb Aceh dan semua satker BLU Aceh, diharapkan terjadi perubahan positif yang berkelanjutan demi kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Aceh.

Acara ditutup dengan sesi diskusi yang melibatkan semua partisipan dalam pemecahan permasalahan yang terungkap dalam acara tersebut.[]

 

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS