28.9 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Tingkatkan Kualitas, Calon Notaris Ikuti Pembekalan dan Magang Bersama

BANDA ACEH | ACEH INFO –  Puluhan calon notaris mengikuti pembekalan, seleksi anggota luar biasa dan magang bersama, idi Hotel Rasamala, Banda Aceh, Sabtu, 11 November 2023.

Pembekalan yang diselenggarakan oleh Ikatan Notaris Indonesia (INI) wilayah Aceh bertujuan untuk untuk meningkatkan kualitas dan keterampilan calon notaris.

“Sejak awal sebelum diterima sebagai anggota luar biasa calon notaris telah lebih dulu memahami struktur organisasi,” kata Ketua Bidang Organisasi Pengurus Pusat INI, Taufik.

Menurutnya, tidam semua orang dapat menjadi notaris. Apalagi, bagi orang yang pernah dihukum dengan ancaman lima tahun penjara tak dapat menjadi seorang notaris.

“Jadi peserta ini perlu diseleksi yang layak, baik dari kuantitas maupun kualitas,” ujarnya.

Ketua Pengda Banda Aceh INI, Nurdhani, menyatakan bahwa sampai saat ini tidak ada dualisme kepemimpinan dalam organisasi INI.

“PP INI yang sah dan terdaftar di negara Republik Indonesia adalah dibawah Tri Firdaus Akbarsyah yang hingga saat ini masih menjadi ketua.” Ujar Nurdhani.

Plt Pengurus Wilayah Aceh, Firman Saputra, mengatakan acara ini dihadiri oleh para peserta sebanyak 21 peserta dari seluruh Aceh, 8 peserta untuk seleksi ALB sedangkan 13 peserta magang bersama dari berbagai alumni perguruan tinggi Magister Kenotariatan di Aceh.

“Pelaksanaan seleksi ALB dan magang bersama bertujuan untuk menyeragamkan pemahaman dan praktik notaris di seluruh wilayah,” terangnya.

Ia berharap kepada peserta seleksi dapat lulus sebagai cikal bakal untuk menjadi notaris dan proses pemagangan dan proses pemenuhan juga dapat tersampaikan dengan baik.[]

Editor: Izal Syafrizal

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS