28.9 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

Trafik Kenderaan di Tol Sigli Banda Aceh Naik 61 Persen Selama Liburan

BANDA ACEH | ACEH INFO – Trafik kenderaan yang melintasi jalan tol Sigli – Banda Aceh meningkat selama liburan natal dan tahun baru 2023/2024. Kenaikan mencapai 61 persen dari volume lalu lintas normal. Dari 18 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024 jumlah kenderaan yang melintas tercatat sebanyak 81.022.

Branch Manager Jalan Tol Sigli – Banda Aceh, Totok Masyadi menjelaskan, kenaikan trafik kenderaan tersebut merupakan akumulasi lima seksi jalan tol Sigli – Banda Aceh yang sudah dioperasikan oleh Hutama Karya. Jalan tol sepanjang 48,5 kilometer itu terdiri dari:  Seksi II (Seulimeum-Jantho) (6.35 km), Seksi III (Jantho – Indrapuri) (16 km, Seksi IV (Indrapuri – Blang Bintang) (13.5 Km), Seksi V (Blang Bintang – Kuta Baro) (7.7 km) dan Seksi VI (Kuta Baro – Baitussalam) (5 km).

“Seksi II, III dan IV sudah dioperasikan dengan tarif atau berbayar. Sementara untuk Seksi V dan VI belum ditetapkan tarif dikarenakan masih menunggu SK penetapan tarif dari Kementerian PUPR dengan pengguna jalan yang melintas tetap diminta untuk melakukan transaksi kartu uang elektronik,” jelas Totok.

Baca Juga: HK Temukan Sejumlah Mobil Angkutan Over Load di Tol Sigli-Banda-Aceh

Totok menambahkan, puncak trafik terjadi pada tanggal 23 Desember 2023 yang dilintasi sebanyak 6.092 kendaraan atau lebih tinggi 95 persen dari volume lalu lintas norman. Kendaraan yang melintas didominasi golongan I.

Selain itu kata Totok, selama liburan Nataru Hutama Karya mengadakan operasi simpatik di gerbang tol Blang Bintang dan Seulimeum untuk menyosialisasikan kampanye keselamatan berkendaraan dan memberi bingkisan berupa kartu kartu uang elektronik, tongkat kartu, leaflet dan snack sebagai apresiasi kepada pengguna jalan tol Sigli – Banda Aceh.

“Kami mengimbau kepada masyarakat sekitar jalan tol yang mempunyai hewan ternak untuk dapat menjaga hewan ternaknya dan tidak melepas di sekitar jalan tol dan memantau agar tidak masuk ke dalam jalan tol agar tidak membahayakan pengguna jalan tol,” pungkasnya.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI