31.3 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Tren Kepuasan Publik ke Jokowi Melorot

JAKARTA|ACEHINFO-Kepuasan publik atas kinerja Presiden Jokowi melorot drastis, berdasarkan hasil survei yang digelar sejumlah lembaga survei. Terakhir Indikator Politik Indonesia menyebut kepuasan publik terhadap Jokowi terjun bebas ke 59,9%.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjelaskan, pada awal Januari 2022, saat itu masyarakat yang puas akan kinerja Jokowi 75,3%. Kepuasan terhadap kinerja Jokowi itu tertinggi selama pemerintahannya, tapi menjelang April trennya turun.

“Di bulan April 14 sampai 19 April, yang puas atau sangat puas itu kalau total 59,9%, yang kurang puas 38,6%, jadi lebih banyak yang puas. Bagaimana trennya? Trennya ada penurunan,” kata Burhanuddin, dalam keterangannya Rabu (27/4).

Survei terbaru yang mereka lalukan pada 14-19 April 2022, setelah demo mahasiswa menolak penundaan pemilu dan penetapan tersangka kasus minyak goreng oleh Kejaksaan Agung.

Hasil survei itu menunjukan 10,2% responden menyatakan sangat puas dengan kinerja Jokowi.Sementara 30,5 % menyatakan kurang puas. Sementara yang menyatakan cukup puas 49,7%, dan yang sama sekali tidak puas 8,1%.

Survei dilakukan dengan menggunakan sampel multistage random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 1.220 orang. Sampel berasal dari seluruh provinsi di Indonesia dengan teknik wawancara tatap muka langsung.

Buhanuddin juga menjelaskan berdasarkan hasil survei mereka, 33,1% respon menyatakan ekonomi nasional saat ini buruk. Hanya 21,5% yang menyatakan baik.

Kondisi politik saat ini juga disebut buruk, yakni 27,4%. Sementara yang bilang baik-baik saja hanya 22,1%.

Dia menambahkan, sepanjang pihaknya melakukan survei sejak Januari 2015 lalu, kepuasan tertinggi pemerintahan ada di angka 75,3 % yakni di Januari 2022. Hal tersebut terjadi karena saat itu belum terjadi inflasi.

“Saat itu inflasi belum terjadi. Minyak goreng masih relatif bisa dipenuhi. Dan jangan lupa masyarakat saat itu happy dengan kinerja pemerintahan menangani kasus pandemi, varian Delta. Jadi coba cek di situ ada kenaikan 13 poin di bulan Juli ya sampai November, approval rating,” tuturnya.

Hasil survei Indikator Politik sejalan dengan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Pada akhir Maret lalu, SMRC merilis penurunan tingkat kepuasan publik terhadap Jokowi selama tiga bulan terakhir.

“Ada sedikit penurunan dibanding tiga bulan sebelumnya pada Fesember 2021 yang mencapai 71,7 persen,” kata Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, Rabu (30/3).

Dalam survei terbaru SMRC pada Maret 2022, diketahui 14,8 responden sangat puas dengan kinerja Jokowi. Sedangkan 49,9 persen lainnya cukup puas.

“Kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi berhubungan dengan evaluasi atas kondisi ekonomi, politik, keamanan, dan penegakan hukum. Ada kecenderungan mereka yang menilai positif keadaan ekonomi, politik, keamanan dan penegakan hukum juga memberi apresiasi pada kinerja presiden. Demikian sebaliknya,” kata Deni.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS