29.5 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

UKM PA Leuser USK dan PT PEMA Lakukan Penanaman 1000 Bibit Manggrove

BANDA ACEH | ACEH INFO – Dalam rangka mengurangi emisi karbon PT PEMA bersama Unit Kegiatan Mahasiswa Pencinta Alam (UKM PA) Leuser Universitas Syiah Kuala melakukan penanaman 1000 bibit mangrove di Gampong Kaju, Kecamatan Baitussalam, Kota Banda Aceh, Minggu, 05 November 2023.

Dalam kegaiatan itu melibatkan 100 orang relawan dan mengikutsertakan mahasiswa Universitas Syiah Kuala yang berhimpun dalam UKM Sosial dan Kebencanaan.

Kegiatan ini juga melibatkan langsung masyarakat dan pemuda gampong setempat sebagai bentuk kepedulian mereka terhadapat lingkungan.

Selain penanaman bibit mangrove, dalam kegiatan itu juga dilakukan edukasi ke sekolah-sekolah dasar terdekat, guna mengedukasi sejak dini untuk dapat hidup dengan selalu mementingkan keberlangsungan lingkungan sekitar.

“Semoga kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai penanaman bibit mangrove saja, tetapi tetap berlanjut ke tahap monitoring berkelanjutan, sehingga bibit akan tumbuh dengan maksimal dan dapat memberi dampak besar dalam mengurangi emisi karbon,” sebut Direktur Utama PT. Pembangunan Aceh, Ali Mulyagusdin.

Katanya, niat ini akan berjalan dengan maksimal jika kolaborasi dari berbagai pihak berjalan dengan lancar, terutama kolaborasi bersama masyarakat setempat yang mana mereka setiap harinya akan selalu hidup berdampingan dengan mangrove tersebut.

Ketua Umum UKM PA Leuser USK, Consar Pijosan Siregar, menambahkan selama ini suhu rata-rata dibeberapa daerah di Aceh mengalami peningkatan, penyebabnya adalah meningkatnya emisi karbon, CO2 dari kendaraan dan gas butana dari tumpukan sampah mengakibatkan efek rumah kaca.

“Penghijauan seperti penanaman mangrove merupakan langkah yang tepat untuk mengurangi emisi karbon yang ada,” tandasnya.[]

Editor: Izal Syafrizal

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS