27.4 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Ustadz Abdul Somad Dilarang Masuk Singapura

ACEHINFO – Ulama Indonesia, Ustaz Abdul Somad (UAS) tidak diizinkan masuk ke Singapura. UAS sempat ditahan oleh otoritas keimigrasian Singapura.

peristiwa itu terjadi saat UAS masuk ke Singapura lewat Batam, pada Senin, (16/2). UAS akhirnya dipulangkan ke Indonesia.

Di akun instagramnya UAS menguggah video saat berada di dalam pemeriksaan imigrasi. Dia mengaku dideportasi dari negara singa itu.

“UAS di ruang 1×2 meter seperti penjara di imigrasi, sebelum dideportasi dari Singapore,” tulis UAS di unggahannya.

Kabar itu langsung menyoroot perhatian publik. Banyak masyarakat yang menyatakan kekesalannya atas perlakuaan tidak menyenangkan yang diterima ulama yang memiliki banyak pengikut itu.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) masih menelusuri penyebab dugaan deportasi yang dialami Ustadz Abdul Somad (UAS) oleh pihak Imigrasi Singapura.

Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham masih berupaya mencari informasi lengkap dari pihak Imigrasi Singapura perihal deportasi tersebut.

“Informasi terkait UAS masih sedang kami gali atau telusuri,” kata Kepala Bagian Humas Kemenkumham Tubagus Erif Faturahman saat dihubungi wartawan.

Kemenkumham telah memerintahkan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkuham dan Kantor Imigrasi Kepulauan Riau untuk memberikan atensi terhadap persoalan tersebut.

Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryopratomo membantah deportasi terhadap UAS. Menurut dia, UAS itu tidak mendapat izin masuk Singapura sehingga diminta kembali.

“Beliau tidak dideportasi tetapi tidak mendapatkan izin masuk Ke Singapura sehingga diminta untuk kembali,” katanya.

Suryopratomo tak menjelaskan alasan UAS tak mendapatkan izin dari Singapura. Dia mengatakan yang bisa menjelaskan alasan tersebut adalah pemerintah Singapura.

“Kalau alasannya yang tepat mungkin ditanyakan kepada Kedubes Singapore di Jakarta karena mereka yang lebih berhak menjelaskan alasannnya,” kata dia.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS