28.7 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Viral Luhut Sibuk Telepon Ketika Jokowi Berpidato

JAKARTA | ACEH INFO – Sebuah video yang memperlihatkan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sedang menelepon saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi sambutan, viral di media sosial.

Video tersebut salah satunya dibagikan akun ini di grup Facebook E100, Sabtu (6/2/2022).

“Mungkin yang dibicarakan Luhut lebih penting,” demikian narasi yang dituliskan pemilik akun.

Dalam video berdurasi 33 detik itu, Luhut tampak berdiri di belakang Jokowi bersama jajaran menteri lainnya, seperti Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menparekraf Sandiaga Uno.

Hingga Minggu (6/2/2022) siang, unggahan video tersebut telah disukai 163 kali, dibagikan 23 kali, dan dikomentari 174 kali oleh warganet di Facebook.

Diketahui, momen Luhut menelepon saat Jokowi sedang berpidato terjadi dalam acara peresmian kawasan Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, pada 2 Februari 2022.

Video peresmian itu ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden.

Lantas, mengapa Luhut masih menerima telepon saat Jokowi sedang berpidato, dan siapa yang menelepon Luhut?

Penjelasan jubir Luhut

Juru bicara Luhut Jodi Mahardi menyebut, Luhut saat itu sedang menerima telepon dari Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin saat Jokowi memberi sambutan.

Kepada Luhut, Budi menyampaikan update kondisi lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia yang cukup signifikan.

Ada dua laporan yang diterima Luhut, yakni soal pembelajaran tatap muka (PTM) dan evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali.

“Dari keterangan Pak Menko, beliau menyampaikan bahwa saat itu beliau sedang menerima telepon dari Menkes yang sedang meng-update kondisi lonjakan kasus yang cukup signifikan. Dalam laporan tersebut beliau menerima 2 laporan setidaknya, yakni soal PTM dan evaluasi Jawa Bali,” ujar Jodi, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (6/2/2022).

Bersifat segera

Jodi mengatakan, hal tersebut harus dilakukan Luhut agar segera bisa dilaporkan kepada Presiden untuk diambil langkah-langkah mitigasi yang cepat.

Sebab pada saat itu Luhut tengah mendampingi kegiatan Jokowi.

“Hal ini penting dilakukan sebagai bagian langkah crisis management penanganan pandemi yang harus dilakukan dengan cepat dan terukur,” tandas Jodi.[]

spot_img
Kontributor :Kompas.com

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS