31.3 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

WHO: Cacar Monyet Incar LGBT & Pelaku Seks Bebas

ACEHINFO-Penyakit cacar monyet kini sedang menjadi perhatian dunia setelah dinyatakan menular dengan cepat di sejumlah negara Afrika, Amerika dan Eropa. Penyakit ini disebut rentan menular di kelompok Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender, (LGBT) serta orang yang melakukan seks bebas lainnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, cacar monyet cepat menyebar lewat hubungan seksual yang tak sehat seperti seks bebas dan hubungan seksual sesama jenis.

Kata WHO, penularan cacar monyet diidentifikasi melalui klinik kesehatan seksual di kalangan komunitas gay, biseksual, dan laki-laki yang berhubungan badan dengan sesama jenis.

“Beberapa kasus telah diidentifikasi melalui klinik kesehatan seksual di komunitas gay, biseksual dan laki-laki lain yang berhubungan seks dengan laki-laki,” bunyi pernyataan imbauan WHO untuk komunitas LGBT.

Menurut WHO, risiko cacar monyet tidak terbatas pada pria yang berhubungan seks dengan pria. Siapa pun yang memiliki kontak dekat dengan seseorang yang terinfeksi jadi berisiko tertular.

WHO menuturkan penyakit yang disebut monkeypox ini sedang meluas di beberapa negara di mana virus sebelumnya tak biasa ditemukan, terutama di Eropa.

“Beberapa dari kasus ini ditemukan di komunitas gay, biseksual, dan laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki. Kaum transgender dan orang dengan gender-diverse juga mungkin lebih rentan terkena wabah ini,” bunyi pernyataan WHO.

WHO menuturkan cacar monyet dapat menyebar melalui kontak dari kulit-ke-kulit yang dekat saat berhubungan seks, termasuk ciuman, sentuhan, seks oral, dan penetrasi dengan seseorang yang memiliki gejala.

“Hindari melakukan kontak dekat dengan siapa pun yang memiliki gejala,” sebut WHO.[]

 

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS