27.8 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Besok, Disbudpar Aceh Akan Gelar Festival Seni Kota Langsa 2022

LANGSA | ACEH INFO – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh akan menggelar festival seni di Mutiara Water Park, Gampong Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa.

Ketua Panitia Pelaksana Festival Seni Kota Langsa 2022, Yana Ayudhia kepada acehinfo.id, Jumat, 18 November 2022, menyampaikan, kegiatan tersebut bertemakan “Gali Potensi Kreativitas Seni” direncanakan akan dilaksanakan pada, Sabtu, 19 November 2022.

“Acara ini merupakan salah satu bentuk melestarikan seni dan kebudayaan Aceh. Kegiatan tersebut adalah kolaborasi seni yang terdiri Festival Tari Kreasi Aceh 3 Perkauman dan Pagelaran Busana Pengantin Aceh Indatu Festival,” ujar Yana.

Ia menjelaskan, Tari Kreasi Aceh adalah tari Ratoh Jaroe yang merupakan perpaduan antara beberapa tarian tradisional yaitu Likok Pulo, Rapai Geleng, Rateb Meusekat dan Ratoh Duek. Sedangkan 3 Perkauman yaitu Kaum Kerabat, Pertalian Sanak Saudara dan Puak cara Bersuku-suku atau Persukuan.

“Tari Kreasi Aceh 3 Perkauman juga menjabarkan bahwa Langsa dahulunya merupakan Ibukota Kabupaten Aceh Timur yang merupakan daerah dengan penduduk asli bersuku Aceh, Gayo dan Tamiang (Melayu),” terangnya.

Sementara, pergelaran Busana Pengantin Aceh Indatu mengarah pada penampilan gaya pakaian yang dikenakan para peragawan dan peragawati selama kegiatan Festival, mencolok pada Adat Aceh Jameun,” pungkas Yana Ayudhia.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS