28.9 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Amal Hasan Ajak Masyarakat Aceh Jaya Teladani Spirit Nyak Sandang

LAMNO | ACEH INFO — Tokoh muda Aceh Jaya, Amal Hasan, SE, M.Si mengajak warga masyarakat dan generasi muda Kabupaten Aceh Jaya untuk meneladani semangat Nyak Sandang, salah satu sosok inspiratif   yang menjadi bagian catatan tinta emas dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Spirit kegotongroyongan yang dilakukan oleh Nyak Sandang dan warga Aceh pada masa itu dengan menyumbangkan harta benda untuk membeli pesawat Udara, Selawah RI 001 mampu mewujudkan cita-cita dan pengakuan kemerdekaan Indonesia dimata dunia internasional.

Dengan pesawat tersebut Presiden Soekarno bisa melakukan berbagai upaya diplomasi untuk memperkuat dan mempertegas kedaulatan kemerdekaan Indonesia dimata dunia. Tidak terlihat motif apapun dari spirit Nyak Sandang dan masyarakat Aceh ketika itu, tulus ikhlas semata-mata karena sikap luhur  dan cinta tanah air serta mengabdi dan  beramal untuk negara dan bangsa.

Baca Juga: Rebranding Kopi Robusta Lamno dan Nilam Aceh Jaya

Hal itu disampaikan Amal Hasan saat berkunjung silaturrahmi ke kecamatan Jaya dan melaksanakan sholat ashar di Masjid Baitussalam Nyak Sandang, di gampong Lheut (Lamno), Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, minggu 11 Juni 2023. Dalam kunjungan tersebut, mantan Direktur Bank Aceh Syariah ini bertemu langsung dengan Nyak Sandang untuk bersilaturrahmi dan berbagi cerita masa lalu.

Amal Hasan yang juga Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala (Ikafensy) dalam kunjungan tersebut didampingi sang istri Nyonya Ida Tuti SE dan tim relawan dari Sahabat Amal Hasan (SAH) serta beberapa tokoh lainnya. Mereka disambut oleh Khaidar anak bungsu Nyak Sandang dan dipertemukan langsung dengan Nyak Sandang di salah satu ruangan lantai dasar masjid tersebut.

“Kunjungan kami ke sini hari ini yang pertama untuk menjenguk orang tua kita, sosok penuh inspiratif yang telah berbuat dan mengabdi untuk bangsa dan negara. Sebagaimana kita ketahui Nyak Sandang merupakan salah seorang penyumbang dana untuk pembelian  pesawat pertama Republik Indonesia, Seulawah RI 001. Spirit cinta tanah air dan kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara yang ditunjukkan Nyak Sandang ini harus menjadi inspirasi bagi kita semua dalam membangun daerah,” ujar Amal Hasan.

Baca Juga: Gurita Sarang Walet Panorama Geurutee Magnet Ekonomi Masa Depan

Ketua Umum  Pengurus Daerah (Pengda) Hapkido Provinsi Aceh ini menambahkan apa yang sudah dilakukan Nyak Sandang harus menjadi inspirasi bagi warga Aceh Jaya untuk membangun daerah. Kalau Nyak Sandang sudah berbuat untuk membantu negara, maka sekarang masyarakat Aceh Jaya harus bersama-sama beramal untuk kemajuan Aceh Jaya ke depan.

Dalam Pertemuan dua tokoh Aceh Jaya beda generasi itu, suasananya sangat akrab dan penuh kekelurgaan. Nyak Sandang yang kini berusia 97 tahun tersebut, masih punya daya ingatan kuat dan masih bisa menceritakan secara detil tentang kisah masa lalu pembelian pesawat Seulawah RI 001 yang disumbangkan kepada Sukarno untuk diplomsdi negara. Amal Hasan pun bercerita banyak tentang bagaimana kisah kejayaan ekonomi kawasan Lamno bisa dibangkitkan kembali melalui spirit Nyak Sandang ini.

Sebagai pengamat ekonomi dan perbankan, Amal Hasan menyampaikan dengan topography wilayah yang berada digaris pantai bagian barat sumatera, Aceh Jaya memiliki berbagai sumber daya yang potensial untuk memperkuat fondasai ekonomi daerah, terutama disektor peikanan, pertanian, perkebunan dan pariwisata.[]

Baca Juga: Kunjungi Darul Hikmah Amal Hasan Ajak Pemuda Bangun Kembali Zona Pertanian Holtikultura

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS