28.8 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Kunjungi Darul Hikmah, Amal Hasan Ajak Pemuda Bangun Kembali Zona Pertanian Holtikultura.

CALANG | ACEH INFO – Tokoh muda Aceh Jaya, Amal Hasan, SE, M.Si mengajak para pemuda diwilayah kecamatan Darul Hikmah untuk bangkit menjadi agen perubahan, dengan semangat wirausaha menjadi entrepreneur sejati.

Hal itu disampaikan oleh mantan Direktur Bank Aceh Syariah itu saat silaturrahmi dengan masyarakat di desa Krueng Tho dan Paya Santeuet, Kecamatan Darul Hikmah, Kabupaten Aceh Jaya, Sabtu, 3 Mei 2023. Warga masyarakat yang sudah menunggu kedatangan sosok inspiratif  sejak siang hari sangat antusias dan larut dalam diskusi berbagai hal dengan suasana penuh keakraban.

Amal Hasan yang datang didampingi sang istri nyonya Aida Tuti SE,   relawan SAH (Sahabat Amal Hasan) dan tokoh pemekaran Aceh Jaya Adnan NS serta para Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Aceh Jaya, mendapat banyak informasi  terkait situasi ekonomi dikawasan kecamatan Darul Hikmah. Diantaranya terkait keberadaan dan penguasaan lahan, sarana irigasi, hasil produksi dan kondisi pasar yang semakin sulit pasca konflik dan bencana alam gempa tsunami.

Baca Juga: Amal Hasan Semangati Anak Desa Nelayan Semua Bisa jadi Pemimpin

Amal Hasan mengajak warga masyarakat kecamatan Darul Hikmah untuk bersama-sama membangun kembali zona pertanian holtikultura yang dulunya menjadi barometer kesejahteraan ekonomi masyarakat. Berbagai produk pertanian untuk kebutuhan pasar di Aceh dan Medan bahkan disupply dari kawasan ini, aktifitas pasar sangat lancar dan perputaran transaksi sangat tinggi. Bahkan pada masa program transmigrasi beberapa produksi hasil pertanian seperti jeruk dan sayur mayur menjadi komoditas andalan dari kawasan ini.

Amal Hasan yang juga  Ketua Umum Pengurus Pusat Ikafensy Universitas Syiah Kuala ini mengajak para pemuda Aceh Jaya untuk bangkit menjadi agent of change dengan semangat dan paradigma baru menjadi wirausaha dengan naluri bisnis sebagai entrerpeneur. Para sarjana lulusan berbagai perguruan tinggi berpotensi besar menjadi penggerak terdepan dalam membangun kembali zona pertanian holtikultura. Sektor pertanian ini bila dikelola secara terpadu dan terintegrasi bisa membuka lapangan kerja yang mampu banyak tenaga kerja juga. Jadilah petani atau pekebun dengan kemampuan memahami dan menguasai tekhnologi pertanian dan perkebunan moderen.

“Pemuda harus optimis dengan kemampuan berwirausaha, tidak semata-berharap menjadi ASN sebagai abdi negara. Semua potensi harus dibangkitkan dikembangkan secara maksimal untuk menjadi enterprenur, yang mampu membawa perubahan kesejahteraan ekonomi dan pembangunan daerah,” jelas Amal Hasan Ketua Umum Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) Wilayah Aceh ini.

Baca Juga: Amal Hasan Ajak Warga Perkuat Tradisi dan Revitalisasi Adat

Amal Hasan menambahkan, kita sangat mendukung dan mengapresiasi berbagai program pembangunan disektor andalan ini yang telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah secara terpadu melalui Rencana Pembangunan Jangka Pendek, Menengah dan Panjang. Kita harus yakin bila konsep ini dijalankan secara konsisten masa depan Aceh Jaya akan lebih baik dan lebih sejahtera dengan kekuatan ekonomi dari zona pertanian holtikultura ini.

Sementara itu para keuchik, sekretaris desa (Sekdes), apatarut desa, serta tokoh masyarakat setempat, melalui Sekdes Krueng Tho, Rahmad mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih atas kedatangan dan silaturrahmi yang dilakukan Amal Hasan bersama relawan SAH dan para pemuda pelajar mahasiswa aceh jaya tersebut.

“Kami tinggal dipedalaman, dipelosok desa yang jauh, hampir semua informasi dan kebijakan pemerintah seperti sangat terbatas untuk diakses, terus terang melalui silaturrahmi dan diskusi dengan Bapak Amal Hasan kami merasakan banyak hal baru yang kami dapatkan dan bisa menjadi motivasi bagi kami untuk memulai kembali membangun masa depan daerah kami yang lebih baik. Semoga apa yang kita cita-citakan bisa tercapai untuk kemajuan Aceh Jaya,” ujarnya.[]

Baca Juga: Amal Hasan Gaduh Soal Gangguan Layanan Bank Jangan Terjebak Pada Revisi Qanun LKS

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS