27.4 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Antisipasi PMK, Pasar Hewan di Aceh Utara Ditutup

LHOKSEUMAWE | ACEH INFO – Untuk mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Aceh Utara menutup Pasar Hewan di Panton Labu, Kecamatan Tanah Jambo Aye.

Kepala Dinas Perkebunan, peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Aceh Utara  Lilis Indriansyah mengatakan, berdasarkan hasil laboratorium menunjukan 88 sapi di Kabupaten tersebut dinyatakan terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku.

“Penutupan ini sebagai langkah antisipasi penyebaran penyakit tersebut  semoga semuanya bisa segera berlalu,” ujar Lilis, Senin, 16 Mei 2022.

Lilis menambahkan, pasar hewan tersebut ditutup dalam jangka waktu yang tidak ditentukan. Dia juga meminta peternak agar segera melaporkan jika ada ternaknya mengalami gejala PMK.

Pihaknya juga telah melakukan vaksinasi terhadap hewan ternak yang terpapar penyakit itu, bahkan juga diberikan vitamin. Untuk saat sekarang ini, stok vaksin masih tergolong cukup, begitu juga dengan jumlah ketersedian vitamin.

“Tadi saya baru rapat dengan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, kementerian juga mendistribusikan vaksin tambahan dalam waktu dekat,” tutur Lilis.

Tambahnya, sosialisasi terhadap peternak juga dilakukan. Termasuk meminta peternak menjaga kebersihan kendang dan ternak serta meningkatkan imun hewan ternak agar tidak terpapar penyakit yang kini mewabah di seluruh Indonesia.

“Kini semua dokter hewan yang kami miliki sedang berupaya untuk menangani wabah ini,” kata Lilis.[]

EDITOR: BOY NASHRUDDIN AGUS

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS