30.6 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Aplikasi Mobile JKN Sediakan Fitur Skrining Riwayat Kesehatan

LANGSA | ACEH INFO – BPJS Kesehatan dalam menyelenggarakan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tidak hanya terpaku kepada pelayanan kesehatan, tetapi juga program promotif-preventif kepada setiap masyrakat yang menjadi peserta Program JKN, Jumat, 15 September 2023

Program promotif preventif tersebut antara lain seperti skrining riwayat kesehatan guna mengetahui potensi resiko penyakit yang diderita sedari dini melalui Aplikasi Mobile JKN.

Salah seorang bidan di Kota Langsa, Lisa Savitri (36), mengaku telah memanfaatkan dan melakukan skrining riwayat kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN.

Menurutnya, fitur skrining riwayat kesehatan yang ada pada aplikasi tersebut sangat membantu dirinya dan masyarakat dalam mencegah penyakit kronis sejak dini.

Adanya fitur ini di dalam aplikasi Mobile JKN, kesadaran masyarakat meningkat untuk mengontrol risiko empat penyakit kronis yaitu diabetes melitus, hipertensi, ginjal kronik dan jantung koroner.

Hal ini perlu dilakuakan dari sekarang untuk melakukan Skrining Kesehatan satu kali dalam setahun yang telah difasilitasi oleh Program JKN.

“Saya sendiri selalu rutin melakukan skrining riwayat kesehatan dengan aplikasi Mobile JKN sejak tahun 2018 lalu,” ujar Lisa.

Dalam fitur tersebut terdapat beberapa pertanyaan seperti mengisi berat badan, tinggi badan, dan mengisi kontak keluarga yang bisa dihubungi. Selanjutnya ada pertanyaan yang berkaitan dengan gelaja yang muncul pada suatu penyakit.

Memilki profesi sebagai tenaga kesehatan bukan hanya untuk penopang ekonomi keluarga saja baginya, namun ada sisi tanggung jawab kemanusiaan yang harus ia utamakan.

Menurutnya, dengan hadirnya aplikaksi Mobile JKN yang disediakan oleh BPJS Kesehatan sangat membantu dirinya melaksanakan tugasnya, beragam fitur tersedia untuk memudahkan ia dalam melayani dan mengedukasikan masyarakat sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Selama ini, katanya, apapun kebutuhan peserta JKN akan diusahakan semaksimal mungkin untuk melayani dengan baik. Bukan hanya melayani, namun juga menanyakan pola hidup dan pola makannya, serta mengedukasikan pentingnya menjaga kesehatan meski belum sakit.

Ia juga menambahkan fitur skrinning cukup mudah dan dapat dilakukan dimana saja. Selain melalui aplikasi Mobile JKN, skrining riwayat kesehatan bisa dilakukan melalui website resmi BPJS Kesehatan dan Chat Assistant JKN (CHIKA) yang bisa diakses peserta melalui nomor 0811-8750-400 atau datang langsung ke fasilitas kesehatan.

Dalam kemudahan peserta mengakses layanan, BPJS Kesehatan membuat Inovasi melalui berbagai inovasi digital dan simplifikasi. Sekarang tinggal kita sebagai penghubung antara peserta dan BPJS Kesehatan yang mewajibkan peserta agar skrining riwayat kesehatan dibudaya di indonesia.

Manfaat dari fitur ini juga akan membantu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) untuk mengetahui kondisi kesehatan para pasiennya. Begitu juga sebaliknya, peserta juga merasakan mendapatkan penanganan cepat dan tepat.

Lisa berharap Lebih banyak lagi inovasi-inovasi yang dihadirkan BPJS Kesehatan diiringi peningkatan kualitas layanan kesehatan bagi peserta JKN yang dampak positif bagi peserta tentunya.

“Agar masyarakat menyadari kesehatan merupakan modal penting dalam menjalani aktivitas sehari-hari sehingga menjaga pola hidup sehat bukan menjadi pilihan melainkan suatu kewajibannya,” tandasnya.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS