28 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Ardian Fahmi Percayakan Program JKN Sebagai Asuransi Kesehatan

LANGSA | ACEH INFO – Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menjadi salah satu asuransi kesehatan wajib bagi warga Indonesia yang dikelola oleh pemerintah melalui BPJS Kesehatan.

Program JKN terus mendapat apresiasi dari peserta, salah satunya dari, Ardian Fahmi (25). Ia merupakan peserta JKN yang terdaftar pada segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) dibayarkan oleh pemerintah daerah.

Fahmi mengatakan, keluarganya sudah merasakan betul manfaat menjadi peserta JKN. Sungguh pengalaman yang luar biasa menjadi peserta dari program JKN ini.

Asuransi sosial dari pemerintah ini benar-benar sangat penting untuk dimiliki oleh masyarakat luas. Selain dapat diandalkan sebagai proteksi diri ketika jatuh sakit, program JKN tidak membuat kita dipusingkan lagi dengan persiapan biaya saat mengakses fasilitas kesehatan.

“Alangkah baiknya jika masyarakat punya kesadaran untuk membentengi dirinya dengan Program JKN ini,” kata Fahmi, Rabu, 29 Maret 2023.

Ia menceritakan, pengalaman almarhumah ibunya yang berjuang bersama program JKN saat dokter menyatakan komplikasi. Sudah tidak terhitung lagi berapa kali ibunya harus dirawat inap selama menjalani perawatan untuk berbagai penyakit yang dialaminya.

Namun demikian, ia tetap percaya diri dan terus berjuang, karena ia merasa program JKN akan selalu ada untuk membantunya.

Selama menjalani pengobatan, baik rawat inap dan rawat jalan ibu saya selalu dikawal oleh program JKN. Ibu selalu mendapatkan pelayanan yang sangat baik, meski ia menggunakan fasilitas JKN yang disubsidi oleh pemerintah daerah.

Selama menjadi pasien rumah sakit yang dicover oleh BPJS Kesehatan, perawatan ibu tidak pernah mengeluarkan biaya sedikit pun walaupun ia harus bolak-balik keluar masuk rumah sakit. Dari pelayanan hingga pemberian obat semua ditangung penuh oleh BPJS Kesehatan.

“Semoga semua pihak yang menjaga keberlanjutan Program JKN ini bisa terus diberikan keberkahan karena dapat mengurangi beban dari setiap keluarga yang sakit dan membutuhkan bantuan,” ucap Fahmi sambil tersenyum.

Pengalamannya tersebut, membuat ia berterima kasih kepada program JKN, sebab jaminan kesehatan yang diberikan oleh program JKN menurutnya sangat merata. Semua golongan dijamin dengan baik sesuai dengan prosedur yang berlaku seperti tidak dibeda-bedakan statusnya.

Menurutnya, JKN patut didukung dan dimiliki oleh semua kalangan di Indonesia. Selain itu, ia juga memberi apresiasi terhadap aplikasi Mobile JKN yang memiliki segudang manfaat. Fitur-fitur pada aplikasi Mobile JKN menepis semua info hoax yang ada saat ini.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk mengunduh aplikasi tersebut, karena sangat dapat diandalkan ketika ingin mengakses fasilitas kesehatan.

“Aplikasi Mobile JKN ini sangat mematahkan informasi-informasi miring seputar JKN di lingkungan sekitar masyarakat seperti pelayanan jika menggunakan JKN terasa lama, padahal di kita cukup ambil antrean online tidak perlu datang pada pagi hari ke rumah sakit,” terangnya.

Aplikasinya pun sangat mudah untuk digunakan. Walaupun saya sejauh ini hanya untuk menggunakan kartu digital dan akan tetapi saya paham dengan semua fitur yang ada pada aplikasi tersebut.

“Semoga pegawai BPJS Kesehatan tidak bosan dalam mengedukasi masyarakat untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN di kota Langsa,” harap Fahmi.

Fahmi berharap program JKN dapat terus meningkatkan layanan agar semakin baik lagi. Dan terus mempermudah pelayanan dengan berbagai inovasi di era digitalisasi seperti saat ini. Sehingga kepuasan peserta terus dapat ditingkatkan saat berobat di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS