25.6 C
Banda Aceh
Saturday, November 27, 2021

Arungi Sungai, Relawan ACT Lhokseumawe Antar Sembako dan Wakaf Al-Qur’an ke Lubok Pusaka Aceh Utara

ACEH UTARA l ACEH INFO – Relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Lhokseumawe, menyalurkan puluhan paket bantuan untuk warga pedalaman di Dusun Sarah Raja, Desa Lubok Pusaka, Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara, Senin (23/8/2021).

Akses menuju desa tersebut tidaklah mudah, karena tidak dapat dilalui oleh kendaraan. Kondisi jalan menuju ke desa pedalaman itu berlumpur serta berlubang.

Tim Relawan ACT Lhokseumawe berangkat menempuh waktu hampir satu jam perjalanan darat. Selain itu, tim ACT juga harus mengarungi derasnya arus sungai dengan perahu seadanya.

Satu-satunya akses untuk menuju Desa Lubok Pusaka hanya menggunakan perahu kecil sederhana. Namun, itulah transportasi yang digunakan oleh masyarakat sekitar selama ini untuk berbagai kebutuhan.

Tidak hanya paket pangan, ACT Lhokseumawe juga memberikan Al-Qur’an Wakaf untuk puluhan anak- anak juga masyarakat, agar mereka terus semangat dalam memperdalam ilmu agama.

ACT juga mengapresiasi para guru yang berjuang untuk berdakwah ke Desa Lubok Pusaka dengan memberikan sedikit kebutuhan mereka, agar semangat yang selama ini sudah ada dan semakin meningkat.

Karena, untuk berdakwah kerap kali nyawa taruhannya untuk tiba di desa tersebut. Tgk Muslim yang kerap disapa dengan Abi Muslim, setiap seminggu sekali berdakwah membawa ilmu hingga Desa Lubok Pusaka Kecamatan Langkahan.

Beliau juga melakukannya dengan hati ikhlas dan tulus, terkadang beliau juga ikut didamping oleh Tgk Musliadi yang menjadi salah satu pengajar ilmu agama.

“Saya ucapakan ribuan terima kasih mewakili dari Tengku yang ada disini, ada banyak bantuan yang hadir disini, paket pangan, Alqur’an dan juga bantuan lainnya, kami sangat bersyukur dengan adanya bantuan ini,” ucap Tgk Muslim yang juga pimpinan Dayah Bustanul Muttaqim Cabang Paya Pasi.

Paket pangan, Al-Qur’an Wakaf di bagikan di salah satu yang menjadi pusat Sarah Raja di Alur Sepoi, di Balai Pengajian yang cukup sederhana.

Sementara itu Zulklifli, Kepala Dusun Sarah Raja Kecamatan Langkahan, mengatakan, ia sangat berterima kasih dengan adanya bantuan seperti ini, karena ia sadar bahwa untuk menuju ke Desa Lubok Pusaka tidaklah mudah, ada arus sungai yang sangat deras yang harus dilalui.

“Terima kasih untuk Sahabat Dermawan dan Abi Muslim yang sudah berjuang membawa ilmu agama untuk mendidik kami disini,” tutur Zulkifli.

Kepala Cabang ACT Lhokseumawe, Thariq Farline menambahkan, pihaknya sangat bersyukur dapat mengantarkan Al-Qur’an dan sembako ke desa terisolir itu.

“Alhamdulillah, kita dari ACT Lhokseumawe bersama MRI Aceh Utara dan Komunitas Tgk Musliadi, (SAPEFAM) Santunan Pendidikan Fakir Miskin telah menyalurkan bantuan pangan, Bea Da’i, dan Al – Qur’an kepada masyarakat dan Da’i di Lubok Pusaka,” katanya.

Kegiatan ini masih dalam semangat Kemerdekaan Indonesia, yang mana bertujuan untuk mengantarkan semangat kemerdekaan bagi warga-warga di pelosok Indonesia.

Harapannya dan insyaAllah, ini bukan menjadi akhir kegiatan kita di Lubok Pusaka, tapi kita juga terus berikhtiar membangun dan membantu masyarakat disana melalui program peningkatan fasilitas Pendidikan, Kesehatan maupun Ibadah.

“Seperti Wakaf Perahu untuk Da’i dan Klinik terapung, tentu keberlangsungan program disana juga tidak terlepas dari dukungan para dermawan semuanya,” sebut Thariq Farline.

Melihat kondisi yang sangat terbatas di Desa Leubok Pusaka, sudah sepatutnya bersama kita peduli, Aksi Cepat Tanggap juga mengajak dermawan agar dapat berpartisipasi melalui Bank Aceh 030 01 08 0000 052 atas nama Aksi Cepat Tanggap Konfirmasi melalui WhatsApp 0822 6719 1618.

PENULIS : FERIZAL HASAN (ACEH UTARA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

info terkait

Penyerang Pos Polisi di Aceh Serahkan Diri ke Polisi

BANDA ACEH I ACEH INFO - Setelah melakukan berbagai tahapan yang melibatkan keluarga dan tokoh masyarakat, empat terduga pelaku penembakan Pos Polisi Panton Reu,...
info terkini
info populer
info random