25.4 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Bea Cukai Gelar Penandatanganan Komitmen Pengaktifan Kembali Ekspor di Pelabuhan Kuala Langsa

spot_img

LANGSA | ACEH INFO – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP) C Kuala Langsa menggelar penandatanganan komitmen bersama dalam rangka pengaktifan kembali ekspor di Pelabuhan Kuala Langsa,

KPPBC TMP C Kuala Langsa juga melaksanakan kegiatan pencanangan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Selasa, 11 Oktober 2022, di halaman Bea Cukai setempat.

Kakanwail Bea Cukai Aceh yang diwakili Kepala KPPBC TMP C Kuala Langsa, Sulaiman, menyampaikan pemerintah melalui Kemen PAN RB setiap tahunnya menetapkan satuan kerja yang akan dijadikan wilayah percontohan Reformasi Birokrasi, yaitu Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM),” kata Sulaiman.

“Alhamdulillah pada tahun 2023, kami diberikan amanah untuk mewujudkan unit kerja yang berpredikat Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih Melayani, setelah dalam tahun 2021 kami mendapatkan predikat WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi),” ucapnya.

Sulaiman berharap, agar mewujudkan WBBM tersebut pihaknya berkomitmen untuk menjamin pelayanan yang memuaskan dan bersih dari korupsi. Memiliki standar layanan yang baik, bersih dari praktik korupsi dan menjadi jaminan bagi masyarakat yang menginginkan pelayanan yang optimal.

Selanjutnya, KPPBC TMP C Kuala Langsa selalu mengedepankan keterbukaan informasi publik sesuai dengan peraturan perundangan. Memiliki standar layanan yang baku, inovatif dan responsive kepada pengguna jasa dan masyarakat.

“Ketersediaan sarana pengaduan masyarakat yang dapat termonitor, baik terkait layanan, gratifikasi, pungli atau keluhan lain dalam proses pelayanan,” ujar Sulaiman.

Untuk itu, Sulaiman mengajak masyarakat menjadi subyek yang turut mengawasi pelayanan seperti dituangkan dalam survey kepuasan layanan, dimana hasil survey akan menjadi salah satu dasar penilaian sekaligus dasar evaluasi untuk perbaikan layanan.

Sulaiman berharap pencanangan pembangunan WBBM dan penandatanganan komitmen bersama dalam rangka pengaktifan kembali Pelabuhan Kuala Langsa untuk kegiatan ekspor langsung ke Malaysia dapat berjalan lancar.

Pj Walikota Langsa, Said Mahdum Majid mengatakan Pemerintah Kota Langsa beserta jajaran dan seluruh masyarakat Kota Langsa, mengucapkan terimakasih dan apresiasi Kepada Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Dan Cukai Langsa yang sudah berupaya untuk menginisiasi agar aktif nya kembali kegiatan ekspor di Pelabuhan Kuala Langsa.

Kegiatan aktivasi kembali kegiatan ekspor ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Aceh pada umumnya dan Kota Langsa dan sekitarnya pada khususnya. Harapannya dengan berjalannya kembali kegiatan ekspor ini, masyarakat pelaku usaha yang memiliki produk-produk hasil pertanian, perikanan, ataupun UMKM dapat melakukan pemasaran sampai ke luar negeri, dan berdampak terhadap produktivitas masyarakat pelaku usaha itu sendiri.

Dalam kesempatan itu, Said Mahdum mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung tumbuhnya kembali ekonomi masyarakat di Kota Langsa. Untuk itu kita perlu membangun sinergi sehingga kembalinya aktivasi kegiatan ekspor ini di pelabuhan Kuala Langsa dapat berjalan dengan baik dan lancar serta mencapai tujuan dari yang kita harapkan,” kata Said Mahdum.

Sementara itu, kegiatan pencanangan wilayah birokrasi bersih melayani adalah salah satu upaya keseriusan Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Dan Cukai Langsa untuk mewujudkan pelayanan yang optimal dan bebas dari kegiatan korupsi, kolusi, dan nepotisme.

“Upaya ini harus kita dukung bersama dan harapannya bisa menjadi triger untuk kita bersama menjadi lebih baik dalam memberikan pelayanan selaku aparatur sipil negara yang menjadi abdi masyarakat,” pungkas Said Mahdum.[]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI