28 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Berikan Pendampingan Hukum, PWI Kota Langsa dan Pengacara Zulfahriza Jalin Kerjasama

LANGSA | ACEH INFO – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Langsa melakukan perjanjian kerjasama (MOU) dengan Kantor pengacara Zulfahriza, SH & Partner/Advocate & Legal Consultans. Senin, 30 Januari 2023.

Kerjasama ini terfokus kepada pemberian bantuan hukum kepada wartawan yang bertugas di Kota Langsa.

Melalui penandatangan kerjasama ini akan diprogramkan diskusi antar wartawan dengan pengacara Zulfahriza & Partner/Advocate & Legal Consultans yang berkaitan dengan berbagai hukum.

“Ini tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya, bahwa Zulfahriza, bersedia memberikan konsultasi hingga pendampingan hukum berkaitan dengan proses hukum yang dihadapi wartawan saat menjalankan profesinya,” ujar Fahrid sapaan akrab Zulfahriza.

Lanjut Fahrid, dalam menjalankan tugasnya sebagai jurnalis, bisa saja tersandung hukum banyak contoh yang kita lihat dalam beberapa berita yang dimuat. Mulai dari dugaan pencemaran nama baik atau digugat, selaku insan kehidupan dalam kontrak sosial tidak terlepas dengan aturan dan Peraturan sebagaimana yang telah di ungkapkan oleh Marcus Tullius Cicero”Ubi Societas Ibi Ius”dimana ada masyarakat maka disitu ada hukum.

“Maka dari itu exsitensi hukum sangat diperlukan dalam mengatur kehidupan kita terlebih kita seorang profesi,” sebutnya.

Ia berharal dengan adanya kerjasama ini bukan berarti wartawan dalam menjalan tugasnya menjadi semena-mena. Namun demikian, wartawan dalam menjalankan tugas juga diatur dan tetap dalam dasar perlindungan hukum berdasarkan Undang-Undang Pers Nomor: 40 tahun 1999 tetap mengedepankan kode etik.

Menurut Fahrid, bahwa banyak hal yang dapat dilakukan ketika ada kerjasama ini. Karena disatu sisi masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan rasa keadilan dalam berbagai hal.

Untuk itu, melalui kerjasama ini selain dapat memberikan konsultasi dan pendampingan hukum, saya berharap dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak.

“Mungkin ada saudara-saudara kita yang diketahui wartawan belum mendapat rasa keadilan, melalui kerjasama ini dapat juga dijadikan bahan diskusi nantinya,” pungkasnya.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS