29.4 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

Diana Rasakan Manfaat Program Jaminan Kesehatan Nasional

LANGSA | ACEH INFO – Kehadiran program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) memberikan kepastian perlindungan jaminan kesehatan yang semakin banyak membantu masyarakat di Indonesia.

Pasalnya, segala biaya dan pelayanan benar-benar dirasakan manfaatnya seperti yang dialami oleh Diana (37) salah satu peserta yang terdaftar pada program tersebut.

Ia merupakan peserta JKN segmen Penerima bantuan Iuran (PBI) asal Kota Langsa. Berbekal program JKN, dirinya pernah mendapatkan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum (RSU) Cut Meutia karena mengalami keguguran sekitar tahun 2020 lalu.

“Saya mengalami pendarahan berkali-kali dan nyeri panggul, kata tetangganya merupakan gejala umum dari keguguran. Karena itu saya segera memeriksakan diri ke puskesmas, sampai disana saya dirujuk ke dokter kandungan di RSU Cut Meutia,” ucap Diana, Selasa, 11 April 2023.

Lanjut Diana, ketika melakukan pemeriksaan rupanya benar mengalami keguguran, sehingga harus melakukan operasi kecil yaitu kuret untuk mengeluarkan sisa jaringan janin yang mati.

“Saya merasa sedih dengan nasib yang dialami pada saat itu, akan tetapi keputusan dokter pasti demi kebaikan saya juga,” ujarnya.

Ia mengakui, sebelum ingin menggunakan program JKN untuk pengobatannya, dirinya sempat ragu karena mendengar informasi terkait beberapa penyakit yang tidak dijamin oleh program JKN. Namun keraguannya ditepis setelah merasakan langsung manfaat yang luar biasa.

Lebih lanjut Diana mengungkapkan, kepuasannya setelah menjalani operasi dan mengakui pelayanan kesehatan untuk peserta JKN semakin hari semakin baik dan diharapkan akan menjadi lebih baik. Menurutnya program JKN adalah sebuah program yang begitu bermanfaat bagi masyarakat.

“Saya mendapatkan pelayanan rumah sakit yang sangat baik mulai dari masuk hingga saya pulang ke rumah. Tidak ada perbedaan pelayanan yang saya rasakan, dokter selalu mengedukasi selama lima hari dirawat di rumah sakit. Bagi saya yang terpenting adalah tidak ada biaya yang harus dikeluarkan untuk perawatan sebelum dan setelah tindakan operasi, semua ditanggung sepenuhnya oleh JKN,” ucap Diana.

Selain itu, seminggu setelah keluar dari rumah sakit ia masih harus kontrol dan diberi obat biar cepat pulih. Ke depannya diringa akan bertanya langsung kepada petugas JKN jika mendapatkan informasi seputar JKN.

Besar harapan Diana agar Program JKN ini dapat terus dijaga keberlangsungannya untuk membantu semua masyarakat yang akan memanfaatkan dalam hal pembiayaan. Hal ini tentunya tidak terlepas juga dari peran fasilitas kesehatan untuk berkomitmen mendukung Program JKN dengan memberikan pelayanan prima dan tidak melakukan diskriminasi kepada peserta JKN.

“Saya berterima kasih kepada Pemerintah Aceh dan BPJS Kesehatan melalui program ini. Mari bersama-sama kita menjaga Program ini untuk masyarakat yang membutuhkan bantuan kesehatan,” ungkap Diana.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI